Hotel Syariah Bikin Traveling Para Muslim Lebih Aman

grand_kalimasSaat berlibur dan harus menginap selama beberapa hari, tentu menjadi perhatian tersendiri bagi para muslim. Yang paling mendasar tentunya “kehalalan” dari makanan yang disediakan hotel.

Apalagi jika harus berlibur di daerah dimana umat muslim menjadi minoritas, misalnya saja di Bali. Namun kini buat travelers muslim gak perlu khawatir lagi.

Seiring dengan semakin dikenalnya konsep syariah, sejumlah hotel juga kini menerapkan hal yang sama. Baik hotel konvensional maupun hotel syariah sama-sama memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu mereka.

Namun yang membedakan pada hotel berbasis syariah dengan hotel konvensional adalah adanya pembatasan-pembatasan tertentu. Misalnya saja untuk makanan dan minumannya harus memiliki sertifikat halal MUI.

Kemudian tidak menyediakan minuman beralkohol dan makanan dari daging babi serta adanya pembatasan tamu dimana tamu yang bukan suami-istri dilarang untuk menginap bersama. Untuk hiburan yang dihadirkan sekalipun bukan sembarang hiburan, melainkan yang lebih membawa manfaat dan bisa bernilai ibadah.

Hotel berbasis syariah pun juga memberikan fasilitas tambahan. Misalnya kamar diberikan arah kiblat, disediakan juga Al-Qur’an dan sajadah.

Dengan konsep hiburan malam yang ditiadakan, hotel berbasis syariah juga bisa dijadikan jujukan para tamu hotel yang membawa keluarga, meski bukan muslim, karena menjadi lebih aman. Nah, biar travelers gak bingung nyariin hotel syariah yang mana, 1001malam.com kasi sejumlah nama hotel yang menerapkan prinsip syariah.

Bayt Kaboki Hotel, Bali

bayt-kaboki-hotelMeski mayoritas masyarakat di Bali beragama Hindu, namun bukan berarti tidak ada hotel bernuansa islami di sana. Salah satunya ialah Bayt Kaboki Hotel yang berada di Jl. Griya Anyar No.27, Kuta. Hotel berbintang tiga ini merupakan hotel keluarga yang mementingkan kenyamanan menginap seluruh anggota keluarga. Hotel ini berusaha menjadi rumah kedua bagi para tamunya dengan membangun suasana yang asri, tenang, dan kondusif untuk berkumpul bersama keluarga. Dan sebagai hotel keluarga, Bayt Kaboki Hotel tidak menyediakan ataupun mengijinkan minuman beralkohol. Makanan dan minuman yang disajikan tidak hanya berasal dari bahan-bahan pilihan namun juga terjamin kehalalannya. Hanya dengan 500ribuan, travelers sudah bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari Bayt Kaboki Hotel.

Selain Bayt Kaboki Hotel, sejumlah hotel di Bali ini juga menyediakan makanan halal seperti The Harmony – LegianGrand Santhi, ataupun Spazzio.

Nisa Home Syariah Homestay, Surabaya

nisahomeHomestay sekaligus kos-kosan ini bisa menjadi pilihan untuk akomodasi berbasis syariah di Surabaya. Lokasinya yang ada di tengah kota Surabaya memberikan akses mudah ke sejumah tempat belanja di Surabaya. Selain itu juga cukup berdekatan dengan kampus sehingga bisa menjadi pilihan bagi para orang tua ataupun keluarga yang ingin mengunjungi putra-putri mereka. Untuk menginap di sini hanya perlu merogoh kocek 165ribu saja.

Madani Syariah Hotel, Medan

Hotel yang ada di Jalan Sisingamangaraja / Amaliun No.1  Medan ini menjadi hotel bintang 4 pertama di Medan yang menawarkan konsep syariah. Budaya ketimuran juga begitu diperhatikan di Madani Syariah Hotel. Dengan lokasinya yang cukup strategis memberikan kemudahan akses mobilisasi travelers selama berlibur di Medan, baik itu ke bandara maupun stasiun. Dari kamar hotel, travelers juga bisa mendapatkan pemandangan Mesjid Raya Al-Mahsun yang menjadi landmark kota Medan.

Hotel syariah lain yang bisa dijumpai di Medan adalah Grand Jamee Syariah.

Semesta Hotel and Convention, Semarang

semesta-hotelDi kota lumpia Semarang ada Semesta Hotel and Convention yang menawarkan hunian berbasis syariah. Dengan konsep bangunannya yang memadukan antara bangunan kuno dan modern minimalis membuat arsitektur hotel ini begitu unik. Lokasinya juga cukup strategis dan dekat dengan pusat perbelanjaan, pusat bisnis, maupun daerah Pecinan. Fasilitas ibadah yang ditawarkan juga cukup lengkap, mulai dari penyediaan Al-Qur’an dan sajadah di kamar juga tersedia masjid di area hotel. Untuk menginap di sini travelers hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari 450ribu.

Orange Home’s Syariah, Bandung

Di Bandung, Orange Home’s Syariah bisa menjadi pilihan untuk bersantai usai menjelajahi kota Bandung. Lokasinya juga cukup strategis, yakni di Jl. Babakan Jeruk 1 No. 76 dan berada tak jauh dari pusat kota. Pilihan lain untuk akomodasi berbasis syariah di Bandung adalah Sofyan Inn Specia Bandung.

Sebagaimana yang diketahui hotel-hotel yang dikelola oleh Sofyan Hotel menerapkan prinsip syariah Islam dimana pelayanan dan fasilitas yang disediakan benar-benar berbasis syariah. Bahkan meski terdapat bar lounge maupun mini namun minuman yang disajikan hanyalah jus, . Hal ini pun berlaku pada semua hotel Sofyan di semua daerah. Misalnya saja Sofyan Tebet Hotel dan Sofyan Betawi Hotel yang ada di Jakarta. Kemudian juga dengan Sofyan Inn Srigunting di Bogor, Sofyan Inn Hotel Rangkayo Basa di Padang, Sofyan Inn Altama di Pandeglang, dan juga Sofyan Hotel Saka Medan.