Situ Cileunca, Wisata Danau yang Eksotis Nan Romantis

situ cileunca bdgAkhir pekan nanti mau cari wisata yang penuh dengan suasana romantis buat liburan bareng pasangan? Gimana kalau ke Situ Cileunca aja travelers. Uda pada tahu dong wisata danau yang begitu populer di Bandung ini. Dan tempat ini pas banget buat travelers jadikan jujukan buat bersantai bareng pasangan. Keindahan yang ditawarkan mampu membangun suasana romantis di antara anda berdua. Mau camping di sana juga bisa, biar makin romantis menghabiskan satu hari penuh bersama pasangan. Tempat ini juga pas buat travelers yang lagi nyari ketenangan dan kedamaian karena emang suasananya cocok banget. Suasananya yang sejuk dan cenderung dingin dengan pemandangan hiijau yang menyejukkan mata bikin tubuh dan pikiran jadi rileks kala memandang. Jadi yuk buat yang nyari adem-adem dan cantik-cantik buruan dateng ke Situ Cileunca.

danau cileuncaSitu Cileunca atau Danau Cileunca berlokasi di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Meski memiliki pemandangan yang cukup indah, namun aslinya nih travelers danau ini merupakan danau buatan. Pada gak percayakan? Tapi ternyata ini beneran kok. Danau ini dibangun pada tahun 1918. Jadi awalnya kawasan Situ Cileunca dahulunya adalah kawasan hutan belantara. Kemudian untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga setempat, maka salah seorang Meneer berkebangsaan Belanda meminta untuk membuat danau. Tak tanggung-tanggung, danau tersebut memiliki kedalaman hingga 17 meter dengan luas mencapai 1.400 hektar. Namun pada akhirnya permintaan Meneer tersebut membawa manfaat yang luas biasa bagi masyarakat sekitar. Bahkan kini danau tersebut juga menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air.

arung jeram sungai paralayangAir dari Situ Cileunca ini berasal dari Sungai Palayangan yang juga menyajiakn wisata arung jeram. Jadi usai beraktivitas yang memacu adrenalin di Sungai Palayangan, travelers bisa lanjut dengan bersantai di Situ Cileunca. Pemandangan yang ditawarkan danau ini memang menakjubkan karena lokasinya yang diapit dengan pegununngan dan juga tebing. Selain itu ada juga pemandangan perkebunan teh Malabar yang kian bikin sejuk dan asri mata kala memandang. Karena lokasinya yang berada di ketinggian 1.551 meter di atas permukaan laut, gak usah heran kalau hawa di sini cukup dingin. Jadi jangan lupa bawa jaket ya kalau mau ke sini. Travelers juga bisa berkeliling danau bersama pasangan dengan menyewa perahu dan nikmati segarnya Situ Cileunca. Dengan airnya yang jernih, travelers bisa dengan mudah menyaksikan ikan-ikan yang asik berenang ke sana ke mari. Mau memancing mereka juga gak masalah, lumayan buat lauk makan siang karena banyak ikan air tawar yang hidup di sana.

jembatan cintaBiar makin romantis dengan pasangan, begitu selesai berkeliling danau, travelers bisa bersantai maupun berfoto bersama pasangan di jembatan cinta. Eits tapi jangan berpikir di sin ada tanda “love” maupun berwarna merah muda. Pasalnya, jembatan ini berwarna merah dan berfungsi untuk menghubungkan dua desa yang ada di dekat Situ Cileunca. Pemberian nama Jembatan Cinta ini karena jembatan tersebut kerap menjadi tempat pacaran para pasangan muda. Terutama di sore hari, banyak banget pasangan yang menghabiskan waktu di sini. Tentunya travelers juga gak mau kalah dong dengan mereka. Buktikan romantisme kamu kepada pasangan dengan menikmati sore yang cantik di atas jembatan ini sembari menikmati indahnya Situ Cileunca.

situ cileuncaUntuk menuju ke Situ Cileunca juga bukan hal yang sulit. Itu karena kawasan Pangalengan merupakan daerah yang cukup strategis dan mudah dijangkau, hanya berjarak 45 km dari pusat kota Bandung. Jadi gak usah heran kenapa kawasan wisata ini jadi favoritnya orang Bandung. Tiket masuknya juga murah banget, cuma Rp 2.500 doang per kepala. Jadi yuk bersantai dan beromantis ria bareng pasangan di Situ Cileunca. Kalau gak mau pusing buat mikir cara untuk sampai ke sana, mending ikutan tour Bandung aja. Atau kalau gak mau camping di sana bisa nginap di hotel murah di Bandung.