pesona jatim

Sobat bingung milih destinasi yang cocok buat travelling minggu ini?? Jawa Timur mungkin jadi pertimbangan sobat untuk jadi destinasi selanjutnya. Pesona yang ditawarkan Jawa Timur gak kalah loh Soba Travellers dengan daerah-daerah lain di Indonesia, terutama pulau tetangganya, Bali. Banyak daerah di Jawa Timur yang memiliki sejumlah wisata yang bikin kamu gak berhenti mengaguminya. Dari yang namanya gunung, pantai, air terjun, pulau, dan lain-lain. Pokoknya lengkap deh. Nah, kalau kamu masih ragu-ragu buat travelling ke Jawa Timur, simak nih sejumlah alasan yang bikin Sobat mikir dua kali buat eksplore provinsi yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini.

1. Jawa Timur punya Negeri Di Atas Awan

sunrise-b29

Kalau selama ini kamu cuma berkhayal gimana rasanya menyentuh awan, Jawa Timur bakal ngejawab khayalan kamu itu dengan salah satu tempatnya yang ngehits banget belakangan ini. Yups, Bukit 29 atau yang dikenal dengan nama B29. Bukit ini menawarkan indahnya pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Semeru sekaligus. Karena lokasinya yang berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut membuat puncak bukit yang ada di Lumajang ini senantiasa diselimuti kabut. Saking tebalnya kabut-kabut tersebut sampai menyerupai awan yang mengelilingi kaki kalian. Berasa menginjakkan kaki di awan ala Goku di film Dragon Ball, hehe. Kalau gak puas dengan pemandangan yang ditawarkan Bukit 29 kamu bisa beranjak ke sebrangnya, yakni Bukit 30 atau B30 yang secara administrasi masuk dalam kawasan Probolinggo. Lokasinya gak jauh dari B29 dan pesona yang ditawarkan gak kalah keren. Bedanya di B30 Sobat Travellers bisa menikmati pemandangan area Gunung Bromo secara keseluruhan dan lebih jelas.

 

2. Sunrise di Jawa Timur salah satu sunrise yang paling memikat di Indonesia

art1Gak sesumbar loh Sobat, karena ini emang bener adanya. Dimana lagi tempatnya kalau bukan di Gunung Bromo. Banyak orang yang rela datang pagi-pagi banget dengan mendaki puncaknya yang berada di ketinggian 2.770 meter demi bisa mendapatkan pemandangan ini. Matahari yang muncul dengan malu-malu dari balik gunung, sebelum kemudian menampakkan siluet kemegahaan Gunung Semeru. Ditambah dengan kepulan asap dari kawah Bromo yang semakin menambah pesona yang begitu menakjubkan. Begitu indahnya, sampai semua mata yang memandang yang hanya bisa tertegun, tak mampu berkata apa-apa hingga suasana menjadi begitu hening dan tenang. Bunyi berisik hanya terdengar dari jepretan kamera para Sobat Travellers yang berusa mengabadikan moment menakjubkan tersebut.

 

 

3. Ada api biru nan abadi di Jawa Timur

api-biru-Kawah-IjenSatu lagi tempat yang bikin orang rela jauh-jauh datang kemari, bahkan sampai mempertaruhkan nyawa. Apalagi kalau bukan pesona si Api Biru Kawah Ijen. Meski didaulat sebagai daerah dengan tingkat keasaman tertinggi di dunia dan termasuk dalam kategori sangat berbahaya nyatanya tak menghalangi orang-orang untuk bertandang ke sini. Apalagi si api biru hanya bisa dinikmati pada waktu dini hari, jadi untuk bisa menyaksikannya maka Sobat Travellers perlu untuk mendaki tengah malam. Nyala api biru pada kawah ini didapatkan dari terbakarnya gas metana yang ada di dalam perut bumi. Hampir semua gunung berapi memiliki fenomena ini. Yang membedakan nyala api biru di Kawah Ijen berlangsung setiap malam tanpa pernah padam. Hal ini tak terlepas dari kandungan belerang yang dimiliki gunung ini dalam jumlah begitu besar.

 

4. Jawa Timur punya Air Terjun yang Langsung Jatuh Ke Laut

senja-pantai-toroanKalau selama ini Sobat hanya menjumpai air terjun di daerah pegunungan, tidak demikian dengan di Jawa Timur. Provinsi punya dua air terjun yang bisa dinikmati saat Sobat berlibur ke pantai karena air terjun ini langsung jatuh ke laut. Cukup unik memang, karena air terjun dengan tipe air tawar langsung berpadu dengan asinnya air laut. Fenomena ini bisa Sobat Travellers jumpai di Madura dengan Pantai Toroannya dan Pacitan dengan Pantai Banyu Tibonya. Keberadaan air terjun ini bisa Sobat manfaatkan untuk membasuh diri seusai bermain air di pantai. Unik memang, tapi ini emang beneran ada di Jawa Timur.

 

5. Ada pulau yang masih Alam dan memiliki Kandungan Oksigen Terbesar Di Dunia

gili labakJawa Timur punya gili atau pulau kecil yang kealamian dan keindahannya gak kalah dari gili yang ada di Lombok. Namanya Gili Labak dan Gili Iyang. Di Gili Labak, Sobat bisa puas-puasin bersnorkeling ria di lautnya yang masih alami. Daratannya pun juga bernasib sama. Begitu alaminya sampai listrik pun enggan masuk ke sini. Saat ini tren snorkeling di Gili Labak juga kian populer. Kalau mau yang lebih alami lagi jangan lewatkan juga buat bertandang ke Gili Iyang. Berkunjung ke sini dijamin bikin kamu jadi awet muda travelers. Mau tahu kenapa? Karena tempat ini memmiliki kandungan oksigen tertinggi di dunia, mencapai 21,5% dan di atas rata-rata 20%. Sementara itu tingkat kebisingan hanya 36,5 db dan kandungan CO¬≤nya hanya 265 ppm. Wah bisa bayangin dong gimana sejuknya udara di sini. Kalau penasaran, Sobat Travellers bisa ikut open trip paket tour Madura Murah ke kedua gili tersebut buat buktikan keasrian dan kesejukannya.

 

6. Punya banyak Taman Bermain yang Wajib Sobat Kunjungi

art2Sekarang waktunya kita seru-seruan. Di Jawa Timur sendiri ada beberapa destinasi dimana sobat bisa bermain sambil belajar. Contohnya seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Wisata Bahari Lamongan, Batu Night Spectacular, dan Museum Angkut. Disana Sobat dihadapkan dengan berbagai wahana yang siap untuk dinaiki dan bisa bikin Sobat ketakutan, tegang, takut, ataupun ketawa. Semuanya dirancang untuk memanjakan dan menghibur. Cocok nih buat Sobat yang lagi galau.

 

7. Padang Savanah serasa seperti di Afrika.

art3Sobat punya budget minim namun ingin merasakan suasana liburan di Afrika? Taman Nasional Baluran jawabannya, terdapat beberapa destinasi alam yang bisa sobat kunjungi. Dari luasnya padang Savana Bekol, sampai lebatnya hutan hijau Evergreen Forest, hingga keindahan bawah laut di Bama. Dan juga ada beberapa destinasi lain seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang yang bikin liburan sobat makin kece pol.

 

8. Kolam Unik dan Alami yang berada di pinggir laut.

art4Masa Jawa Timur punya tempat seperti itu? Ternyata ada Sobat. Namanya Pantai Kedung Tumpang. Walau menyandang nama pantai, jangan harap kalian menemukan pasir putih nan indah. Namun tempat ini memiliki sesuatu yang berbeda dari tempat lainnya, yaitu beberapa kolam alami nan indah yang menghadap ke laut. Butuh perjuangan untuk mencapai tempat ini, sobat harus berjalan kaki selama sekitar 30 menit menuruni bukit. Namun ketika sampai di lokasi, segala usaha sobat akan terbayar dengan keindahan kolam dan pemandangan yang indah. Di kolam tersebut, anda dapat berenang atau hanya sekedar berendam santai menikmati panorama laut Selatan.

 

9. Cari tempat Surfing? Tinggal datang ke pantai G Land di Banyuwangi.

art5Jika Sobat ingin merasakan serunya menunggangi gulungan ombak pantai, ngga perlu ke Bali atau bahkan jauh-jauh ke luar negeri karena di Banyuwangi terdapat Pantai G-land. Dahsyatnya ombak pantai ini pun masuk ke dalam kategori salah satu ombak terbesar di dunia. Keren kan? Ketinggian ombak dapat mencapai hingga 4-6 meter dengan formasi 7 gulungan gelombang bersusun. Bayangin deh sobat, bagaimana serunya surfing di G Land ini.

 

 

Jadi gimana Sobat Travellers, masih ragu buat berkunjung ke Jawa Timur? Masih banyak lagi alasan buat jawab keraguan kamu tersebut. Kita sambung diliputan berikutnya ya biar makin yakin dan mantep buat berkunjung ke Jawa Timur.