Makanan Khas Jawa Timur

peta_jawa_timurJawa Timur merupakan provinsi yang terletak di sebelah Timur Pulau Jawa dengan kota Surabaya sebagai ibukotanya.  Dengan luas wilayah 47.922 km persegi, total jumlah penduduk di Jawa Timur diperkirakan sekitar 42.030.633 jiwa.

Selain dikenal sebagai propinsi terluas diantara provinsi-provinsi lainnya di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Timur ini juga mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Jawa dan Indonesia setelah Provinsi Jawa Barat.

Seperti provinsi lainnya di Indonesia, Jawa Timur juga mempunyai kekayaan kuliner yang khas. Sejumlah kuliner di Jawa Timur sudah banyak dikenal khalayak luas, seperti Bakso Malang, Soto Lamongan, Lontong Balap, Gado-Gado, dan Pecel Lele.

Selain itu, ada beberapa kuliner yang kurang populer di khalayak luas, namun patut untuk dicoba. Tahu Tek, Sambel Wader, Rujak Soto, Bebek Sinjay, dan Nasi Krawu merupakan lima diantaranya.

Kuliner khas kota Malang

Bakso Malang merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang populer di seantero Indonesia. Hampir di setiap daerah Jawa Timur dan luar Jawa Timur menjual makanan khas ini.

Bakso Malang

Bakso yang berasal dari Kota Malang ini berbahan dasar mi kuning, tahu, siomay, pangsit goreng, dan yang terakhir tenu saja bakso.

Salah satu penjaja Bakso Malang adalah Bakso Malang President yang terletak di Jl. Batanghari No. 5, Malang, Jawa Timur.

Kuliner khas kota Lamongan

Selain Bakso Malang, Soto Lamongan adalah makanan khas Jawa Timur lainnya yang cukup populer di kalangan masyarakat dan wisatawan.

Yang membuat soto ini begitu khas dan berbeda adalah penggunaan koya yang dicampurkan ke dalam kuah soto.

soto-ayam-lamongan-cak-har-surabaya

Koya sendiri merupakan bubuk gurih yang dibuat dari campuran bawang putih dan kerupuk udang.

Depot Asih Jaya merupakan salah satu tempat yang menyajikan Soto Lamongan yang enak. Depot ini ada di Jl Panglima Sudirman No. 75, Lamongan, Jawa Timur

Kuliner khas Metropolitan Surabaya

Makanan khas Jawa Timur yang populer lainnya adalah Lontong Balap. Lontong ini terbuat dari berbagai macam bahan, seperti toge, lontong, tahu goreng, lenthok, bawang goreng, kecap, dan sambal.

Makanan ini sudah dikenal sejak dahulu, yaitu sejak makanan ini dijajakan dengan menggunakan gerobak pikul.

Salah satu penjaja Lontong Balap yang terkenal adalah Lontong Balap Pak Gendut (Asli) yang kini beralamat di Jl. Prof, Dr. Moestopo 11 Surabaya.

Tidak hanya di Jakarta, Gado-Gado juga terdapat di Jawa Timur, khususnya di Surabaya. Bahan-bahan gado-gado Surabaya kurang lebih sama dengan gado-gado Betawi (Jakarta, yaitu sayur kacang panjang, kol, tahu goreng, telur, emping atau kerupuk.

Gado-Gado Handayani di Jl Jolotundo Baru No. 20 Surabaya, Jawa Timur adalah salah satu tempat yang menjajakan Gado-Gado khas Surabaya, Jawa Timur.

Pecel Lele adalah masakan khas Jawa Timur lainnya yang tidak kalah populer. Makanan berbahan dasar lele ini biasanya banyak ditemukan di Lamongan.

Namun, makanan ini kini bisa ditemukan di seantero Jawa Timur bahkan di hampir seluruh daerah di Indonesia.

lontong-balap

Pecel Lele biasanya disajikan dengan cara menggoreng lele hingga matang dan gurih, lalu diberi sambal dan berbagai macam lalapan.

Tidak kalah enak dan khas dari ketiga makanan di atas, Tahu Tek adalah makanan Jawa Timur yang patut dicoba.

Makanan yang berbahan dasar tahu goreng setengah matang ini dicampur dengan berbagai bahan lainnya, seperti toge, kentang goreng, timun, lontong, dan bumbu khas yang terbuat dari campuran petis dan kacang tanah.

Sambel Wader merupakan makanna khas Jawa Timur yang berasal dari Mojokerto. Di daerah asalnya, makanan ini begitu diminati banyak orang.

Sambel Wader sendiri merupakan makanan yang terdiri atas Ikan Wader goreng yang diberi sambal khas. Makanan ini bisa dimakan bersama dengan sepiring nasi hangat.

Pulau-pulau di Jawa Timur dan khasnya Banyuwangi

Meski tidak tersambung melalui jalan darat, Pulau Madura, Pulau Bawean, dan Kepulauan Masalembu merupakan bagian dari wilayah Jawa Timur secara administratif.

Daerah Jawa Timur lainnya yang mempunyai makanan khas adalah Banyuwangi. Makanan tersebut adalah Rujak Soto.

rujak soto banyuwangi

Makanan ini merupakan perpaduan antara rujak dan soto kuning. Tidak hanya di Banyuwangi, Rujak Soto ini bisa ditemukan di wilayah lain di Jawa Timur.

Kuliner khas Madura

Tak hanya Mojokerto dan Banyuwangi, Madura juga memiliki satu makanan khasnya, yakni Bebek Sinjay.

bebek madura

Makanan satu ini terbuat dari daging bebek yang digoreng hingga matang dan disajikan dengan lalapan, kremesan, dan sambal pecit yang terbuat dari mangga muda.

Tekstur daging Bebek Sinjay sangat empuk dan tidak berbau amis.

Kuliner khas kota Gresik

Gresik menjadi daerah Jawa Timur lainnya yang mempunyai makanan khas yang patut dicoba. Nasi Krawu adalah nama makanan tersebut.

Dinamakan demikian karena makanan asal Gresik ini terbuat dari berbagai  campuran bahan makanan seperti jeroan sapi, sambal terasi, daging sapi, dan serundeng.

nasi krawu gresik

Bisa juga menambahkan semur daging sebagai campuran Nasi Krawu. Biasanya, Nasi Krawu ini disajikan bersama nasi yang masih hangat di atas lembaran daun pisang.

Camilan khas Jawa Timur

Keripik Apel, Kue Geti, Wingko Babat, dan Pudak adalah beberapa makanan ringan yang patut dicoba bila ingin menyantap makanan yang lebih ringan.

Keripik Apel merupakan cemilan khas Malang yang terbuat dari Apel Malang yang telah diiris. Setelah diiris, Apel Malang lalu direndam dengan air selama kurang lebih 30 menit lalu digoreng selama kurang lebih 1 jam.

Setelah dikeringkan dengan alat pengering, Apel yang telah jai keripik lalu dimasukan ke dalam kemasan. Keripik ini patut dicoba.

Selain rasa apelnya yang terasa, Keripik Apel ini juga aman dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia.

kue geti

Tulungagung memiliki satu cemilan yang khas, yakni Kue Geti yang terbuat dari campuran wijen, kacang tanah, dan gula merah.

Bahan-bahan tersebut dicampur dengan cara merebus gula merah yang kemudian dimasukan wijen dan kacang tanah.

Sesudah itu, adonan dikeringkan dan dicetak dengan bentuk kotak-kotak. Perpaduan rasa wijen, gula merah yang manis, serta kacang tanah menjadikan Kue Geti sebagai cemilan dengan cita rasa yang khas.

Selain sotonya yang khas, Lamongan juga mempunyai satu kudapan yang tidak kalah khas, yakni Wingko Babat.

wingko babat

Kudapan ini terbuat tepung ketan, kelapa setengah tua yang dikupas dan diparut memanjang, air kelapa, garam, gula pasir, dan margarin yang dicampur menjadi Wingko Babat yang lezat.

Rasa kelapanya yang terasa kuat di lidah, serta rasa manin dan gurih merupakan cita rasa yang khas dari kudapan khas Lamongan ini.

pudak gresikPudak merupakan jajanan khas Kabupaten Gresik yang terbuat dari jagung manis, kelapa muda yang dikupas dan diparut memanjang. Gula pasir, garam, dan bubuk vanili.

Cara pembungkusan Pudak ini terbilang unik, yakni dengan menggunakan daun jagung muda sebagai pembungkus Pudak.

 

 

Demikian berbagai ulasan kuliner di Jawa Timur semoga bermanfaat dan membuat anda tertarik untuk mengeksplorasi Jawa Timur secara lebih mendalam.