Indahnya Pulau Kepayang, Bikin Mabuk Kepayang

pulau kepayang2Negeri Laskar Pelangi kian hari kian diminati untuk dikunjungi oleh banyak orang. Bukan hanya karena kesuksesan Film Laskar Pelangi yang membuat Pulau Belitung begiti menarik untuk disambangi namun juga karena keindahan alamnya yang mampu membius siapa saja yang memandang. Keindahan ini tidak hanya terlihat pada Pulau Belitung atau yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Belitong, tetapi juga pada gugusan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Salah satunya yang kian senter adalah Pulau Kepayang. Travelers bisa mengikuti open trip ke Pulau Kepayang bareng tour Belitung, terutama untuk travelers yang baru pertama kali menginjakkan kaki di tanah Belitong. Gak cuma dapet jasa pemandu, akomodasi, maupun transportasi aja travelers, tapi kamu juga akan diajak ke sejumlah tempat keren di Belitung tanpa perlu susah-susah nyari destinasi apa yang populer di sana. Liburan kamu di Belitung pun jadi kian nyaman, praktis, dan yang pasti ramah banget di kantong.

pulau kepayang1Banyaknya gugusan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Belitung memang memberikan daya tarik tersendiri. Sebagian dari kepulauan ini menjadi tempat kehidupan masyarakat Belitung, namun banyak juga yang tak berpenghuni dan hanya menjadi tempat singgah para nelayan. Seperti yang terjadi pada Pulau Kepayang. Pulau ini merupakan pulau yang paling besar diantara gugusan pulau-pulau kecil yang ada di Belitung Utara. Luas pulau ini mencapai 12 hektar dan terkenal juga dengan nama Pulau Babi. Pulau ini bisa dicapai dari Tanjung Kelayang dengan menggunakan perahu nelayan bermesin katinting dengan lama perjalanan mencapai 10 menit. Kalau menggunakan perahu tak bermesin lama perjalanannya mencapai 15-30 menit. Pantai Tanjung Kalayang sendiri bisa berjarak 27km dari kota Tanjung Pandan. Lokasi Pulau Kepayang juga berada tak jauh dari Pulau Tukong dan Pulau Lengkuas.

pantai pulau kepayangDaya tarik dari Pulau Kepayang adalah keindahan pantai pada sisi pulaunya. Sebagaimana pantai yang ada di Belitung yang begitu menonjolkan gugusan batu granit yang gagah dan mempesona. Hal yang sama juga bisa travelers jumpai di sepanjang pantai di Pulau Kepayang. Batu-batu dengan aneka ukuran dan bentuk tersebut nampak kokoh berdiri dan menghiasi sekeliling pantai. Nikmati juga keindahan pasir pantainya yang berwarna putih bersih dan begitu lembut laksana tepung. Lepaskan alas kaki travelers dan nikmati kelembutan pasirnya menyentuh jemari kaki anda. Keberadaan sejumlah pohon kelapa disekitar pantai semakin menambah kesejukan dari Pulau Kepayang. Apalagi dengan hamparan padang rumput yang menghijau yang semakin memberikan kesempurnaan tempat berlibur dan bersantai. Suasana bersantai yang travelers rasakan semakin lengkap dengan jernih air lautnya yang berwarna kebiruan. Tak ketinggalan hembusan angin pantainya semakin membuat travelers terbuai dan seolah dininabobokkan sejenak dari segala kepenatan yang travelers rasakan.

tukik pulau kepayangTak jauh dari Pulau Kepayang terdapat Pulau Tukong yang bisa travelers singgahi hanya dengan berjalan kaki sejauh 200 meter. Namun hal ini hanya bisa travelers lakukan kala air laut sedang surut. Ada juga Pulau Pasir yang merupakan perpanjangan dari Pulau Kepayang dan berada di sebelah utara. Sisi tenggara pulau yang berdekatan dengan Pulau Pasir, merupakan area yang pas untuk bersantai dan berjalan-jalan. Karena di sisi ini tidak ada bebatuan yang menghiasi sehingga travelers bisa berjalan-jalan dengan aman dan nyaman di sini. Posisi lautnya juga tak terlalu dalam dengan dasar laut yang begitu halus sehingga travelers bisa bermain air maupun berenang dengan aman dan nyaman di sini. Daya tarik lainnya dari Pulau Kepayang adalah keberadaan tempat konservasi penyu sisik di sini. Jadi buat travelers yang tertarik dan peduli dengan hewan laut ini, bisa ikut berperan aktif di sini. Jika beruntung travelers bisa ikut serta dalam pelepasan tukik ke laut. Makin lengkap kan wisatanya, gak cuma sekedar wisata alam namun juga bisa berwisata edukasi dan ekologi di sini.

bwah laut pulau kepayangKalau bosan bermain di daratan, travelers bisa mulai menjelajahi alam bawah lautnya. Dengan kondisi alam yang masih asri dan alami bisa dibayangin sendiri dong gimana indahnya alam bawah laut Pulau Kepayang. Kalau gak bawa peratalan snorkeling, ada banyak provider yang bisa kamu gunain buat menyewa peralatan snorkeling lengkap dengan pemandunya. Kalau sebelumnya kamu dibuat takjub dan tergila-gila dengan keindahan daratannya, kini bersiaplah untuk dibuat terpesona dan mabuk kepayang dengan alam bawah lautnya. Nikmati pemandangan ikan cantik warna-warni yang asik berenang ke sana-ke mari dan sejumlah terumbu karang yang nampal sehat. Berkunjung ke Pulau Kepayang dijamin bikin travelers enggan beranjak pulang. Apalagi saat ngeliat sunsetnya. Karena memang keindahan yang ditawarkan pulau ini mampu membuat siapa saja mabuk kepayang. Pengen juga ngerasain dimabuk kepayang sama Pulau Kepayang? yuk, buruan ikutan tour Belitung dari sekarang.sunset pulau kepayang