loading

Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, Dan Paket Wisata

Get It On Google Play

Dapatkan 1001malam App, aplikasi mobile terbaru untuk pesan hotel di seluruh dunia, dan paket wisata di seluruh wilayah Indonesia di Google Store! Info lebih lanjut untuk 1001malam app disini

Wisata di Banyuwangi

Kota yang menjuluki dirinya sendiri dengan julukan Sunrise of Java ini memang layak untuk mendapat julukan tersebut. Sebuah kota yang terletak di ujung timur dari Pulau Jawa ini merupakan sebuah kota yang sarat akan tempat-tempat wisata. Banyak lokasi wisata yang sedang dikembangkan di daerah ini.

Geliat kemajuan pariwisata di kota ini juga mulai menunjukan eksistensinya. Banyak perbaikan dalam banyak hal yang bisa memudahkan kita para pelancong untuk berwisata di kota ini. Banyak spot wisata alam yang tak akan membuat kita kecewa, bahkan akan membuat kita semakin rindu untuk kembali dan kembali ke kota ini.

Kabupaten Banyuwangi sendiri tidak bisa terlepas dari sejarah Kerajaan Blambangan pada masa tersebut. Nama Banyuwangi sendiri merupakan sebutan yang berasal dari suku Osing sendiri. Terlepas dari legenda-legenda yang tersebar mengenai asal muasal Banyuwangi.

Secara kependudukan di kota ini banyak di dominasi oleh suku Osing, namun ada juga dari suku Jawa, Bali, Madura dan Bugis. Suku Osing sendiri bisa dibilang merupkan sub suku jawa, meskipun mereka memiliki bahasa khas sendiri yaitu bahasa osing. Kota ini memiliki banyak sekali julukan seperti Sunrise of Java, Bumi Blambangan, Kota Gandrung, Kota Banteng, dan Kota Festival.

Banyaknya objek wisata yang berada di kota ini juga di pengaruhi oleh posisi geografis dari kota ini sendiri. Kabupaten yang berlokasi dan bahkan berbatasan dengan Samudra Hindia serta Selat Bali ini menyebabkan banyak objek wisata yang berupa pantai dengan ombak-ombaknya yang mengagumkan, namun juga ada objek wisata lain selain pantai-pantai tersebut.

Nah, yuk kita intip beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten ini.

1. KAWAH IJEN

Objek wisata yang satu ini pastinya sudah banyak dikenal oleh para pelancong. Kawah Ijen sebuah objek wisata yang menawarkan berbagai macam keindahan yang bisa kita nikmati. Namun, untuk mencapa ke lokasi dari puncak kawah ini membutuhkan usaha yang cukup berat.

Usaha ini selain harus berjalan menuju puncak, juga karena kita terkadang tak bisa menuju kawah dikarenakan gas belerang yang cukup pekat dan berbahaya. Ketika malam tiba maka kita akan bisa menikmati sebuah pemandangan yang sangat langka di kawah ini yaitu Blue Fire.

Fenomena blue fire kabarnya hanya ada dua di dunia yaitu di Kawah Ijen sendiri dan di Kanada. Selain menjadi objek wisata kawah ini juga meruapakan tempat penambangan belerang yang masih aktif hingga saat ini. Di jalur menuju puncak kawah kita akan sering berpapasan dengan para pekerja yang sedang meangangkut belerang. Terkadang moment ini banyak diabadikan oleh para pengunjung.

2. PANTAI PULAU MERAH

Objek wisata yang satu ini merupakan objek wisata yang bisa dibilang menjadi tempat favorit bagi para pengunjung. Lokasi pantai yang sangat strategis serta keadaan pantai yang bersih dan di dukung dnegan fasilitas yang memadai merupakan salah satu andalan di tempat ini. Serta adanya sebuah pulau kecil yang berada agak menjorok ketengah laut semakin menjadikan suasan di pantai ini sangat menarik dan indah untuk di kunjungi. Nama pantai ini sendiri awalnya adalah pantai Ringin Sewu.

Namun, karena ada pulau kecil yang mengeluarkan warna merah dan menjadi daya tarik sehingga nama pantai ini berubah. Selain itu pada waktu tertentu terutama saat air laut surut kita dapat menyeberang ke pulau tersebut dan memanjat tebingnya sehingga kita akan mendapatkan pemandangan yang jauh lebih menarik.

3. TAMAN NASIONAL BALURAN

Salah Satu Taman Nasional yang ada di  Pulau Jawa dan mencakup beberapa wilayah yaitu Situbondo, Wongsorejo, Banyuputih, Banyuwangi. Taman ini menghadirkan sebuah ekosistem savana yang yang sangat jarang kita dapatkan, meskipun padang savana di Taman ini bukanlah satu-satunya di Pulau Jawa.

Namun demikian, di Taman Nasional ini kita akan di suguhi oleh berbagai macam keindahan yang jarang kita temui. Apabila anda penyuka tempat-tempat wisata alam liar maka tempat ini adalah destinasi yang tak boleh terlewatkan. Kapan lagi kita bisa melihat rusa yang berlalu lalang, kemudian banteng, dan burung merak. Tentunya tempat wisata ini akan memberikan pengalaman tersendiri serta hentkan adrenalin yang berbeda pada kita

4. PANTAI BANGSRING

Lokasi yang satu ini sangat cocok bagi kalian yang senang dengan kegiatan bawah air, seperti menyelam dan snorkling. Lokasi ini memenga sudah terkenal dengan keindahan pemandangan bawah airnya. Kelebihan yang dmiliki oleh pantai yang satu ini adalah kedalaman laut yang cukup dangkal, jadi kita sudah bisa menikmati keindahan biota laut dalam kedalaman yang cukup dangkal. Banyakny ragam terumbu karang dan bebagai jenis ikan karang akn menymbut kita saat mulai menyelam.

Selain menyelam tempat ini juga terkenal sebagai tempat snorkling yang bagus. Bahkan pantai ini merupakan salah satu spot snorkling yang bagus di Banyuwangi. Pantai ini selain menyimpan berbagai keindahan dengan pemandangan terumbu karangnya juga menyimpan sebuah tantangan tersendiri.

Arus bawah laut di pantai ini cukup kencang, sehingga terkadang kita akan merasakan searasa terbawa oleh arus laut tersebut. Tapi, jangan takut dulu, jika yang baru pertama menyelam atau snorkling maka kita akan mendapat pendaming yang ahli jadi kita tak perlu takut lagi. Tapi tetep harus jaga diri dan waspada, serta jangan merusak terumbu karang.

5. AIR TERJUN SELENDANG ARUM

Setelah puas berwisata pantai yuk kita beralih ke lokasi wisata lain di kota ini yang tak kalah cantiknya. Kali ini kita akan melihat salah satu objek wisata yang berupa Air terjun. Yup, selain potensi wisata pantai Banyuwangi juga memiliki wisata air terjun, salah satu objek wisata ar terjun yang terkenal disini adalah Ar Terjun Selendang Arum.

Air terjun ini menawarkan susasan alam yang masih asri dengan berbagai tumbuhan dan hewan serta suara derasnya air. Bagi yang ingin mendapatkan sebuah ketenangan lain selain ketenangan dari wilayah pantai maka lokasi yang satu ini amat sangat kami sarankan untuk di kunjungi. Air terjun ini sendiri berlokasi di Dusun Sumber asih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon.

Jika kalian ingin datang ke air terjun ini, usahakan untuk menghindari ketika musim penghujan. Dikhawatirkan debit airnya akan bertambah dan akan membahyakan kita sendiri. selain itu kejernihan air juga akan sangat berbeda antara musim hujan dan kemarau. Lokasi ini memang sangat indah dan menggoda.

Salah satu hal yang penting adalah lokasi ini sangat instagramable banget, buat kalian yang hobi photo-photo selfie lokasi ini akan menambah keindahan foto kamu. Dijamin !

 

Nah itu tadi beberapa lokasi wisata yang berada di Kabupaten Banyuwangi. Bisa dibilang objek wisata di kota ini terhitung sangat lengkap kita dapat menikmati berbagai objek wisata dari gunung yang menawarkan keajaiban api birunya hingga pantai yang memberikan kita ketenangan deburan ombaknya. Jadi cepat luangkan waktu libur, dan datangi Banyuwangi.

maps not found.
mobapp_frame

Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah
facebook twitter google-plus

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

TripAdvisor
Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini
back to top