loading

Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, Dan Paket Wisata

Get It On Google Play

Dapatkan 1001malam App, aplikasi mobile terbaru untuk pesan hotel di seluruh dunia, dan paket wisata di seluruh wilayah Indonesia di Google Store! Info lebih lanjut untuk 1001malam app disini

Wisata di Bromo

Tips dan Trik Wisata ke Bromo

Berlibur merupakan hal paling menyenangkan bagi setiap orang. Itu pendapat saya, dan saya yakin semua orang mempunyai pendapat yang sama. Hanya saja yang selalu berbeda adalah cara masing-masing orang itu berlibur. Ada yang lebih suka menghabiskan liburannya di wahana bermain, ada yang lebih suka menikmati udara pantai dengan ombaknya dan ada juga yang lebih senang berada di daerah pegunungan dengan hawa dinginnya.

Dan salah satu pegunungan yang sering didatangi oleh banyak wisatawan adalah Wisata di Bromo yang berada di wilayah Jawa Timur yang sudah dikembangkan sedemikian rupa menjadi gunung wisata. Sebagai gunung wisata, Gunung Bromo memang tidak seperti gunung lainnya. Gunung yang satu ini memang sangat mudah diakses oleh jutaan wisatawan yang datang setiap tahunnya.

Dengan akses yang sangat mudah, para wisatawan tidak sampai harus melakukan pendakian yang sulit. Untuk bisa berlibur ke gunung ini,perlu diterapkan beberapa trik agar liburan kita benar-benar nyaman dan tanpa hambatan. Berikut tips yang bisa kamu lakukan saat memilih Gunung Bromo sebagai destinasi liburan. Apa saja tips tersebut? Yuk kita langsung simak berikut ini.

Pertama, sebagai destinasi liburan oleh jutaan wisatawan, artinya kawasan gunung tersebut sudah pasti akan sangat ramai sekali. Terlebih disaat liburan datang. Tentunya tidak akan nyaman bagi kita bersesak-sesakkan saat berada di gunung ini, jadi lebih baik hindari saja datang ke gunung ini disaat musim liburan. Menikmati Bromo disaat sedang tidak ramai akan membuat liburan kita berkesan dan pastinya nyaman. 

Kedua, dengan merencanakan liburan kita ke gunung Bromo ini, artinya kita selangkah lebih maju mendekati kenyamanan. Merencanakan tentu akan selalu lebih baik daripada melakukannya secara spontan ataupun dadakan. Jika semua terencana dengan baik, akan ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satu contoh pasti adalah bisa menekan pengeluaran kita selama berlibur di Gunung Bromo.

Ketiga, dengan mulai menyiapkan jadwal liburan kita selama di Gunung Bromo ini. Banyak sekali tempat-tempat indah yang ada di Gunung Bromo dan sekitarnya. Buatlah jadwal dengan merencanakan berapa lama waktu yang kita habiskan pada satu tempat, berapa lama waktu kita beristirahat dan sebagainya. Dengan adanya jadwal, kemungkinan kita bisa mengunjungi semua tempat akan terlaksana.

Keempat, jika kita memilih untuk berlama-lama di Gunung Bromo ini, alangkah lebih baiknya jika kita mulai melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk penginapan yang banyak dikawasan gunung tersebut. Jika kamu memang memilih ke gunung ini pada saat musim liburan, disarankan untuk bisa melakukan pemesanan penginapan jauh-jauh hari agar kita mendapat kamar yang diinginkan.

Kelima, mulai memilih rute yang paling kita inginkan. Setidaknya ada 4 rute yang bisa kita pilih jika ingin menuju Gunung Bromo ini. Ada jalur dari Lumajang, jalur dari Malang, jalur dari Pasuruan dan jalur dari Probolinggo. Jika ingin melewati jalur dengan keindahan alamnya, disarankan untuk mengambil jalur dari Probolinggo. Agak sedikit jauh tapi rasa lelah akan terbayar saat melihat keindahan alam yang ada selama perjalanan kita.

Keenam, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan. Termasuk pakaian untuk cuaca dingin seperti di gunung ini. Bawalah baju hangat yang banyak, jika ternyata 1 buah tidak cukup menahan hawa dinginnya, kita bisa mengenakan baju hangat dengan berlapis-lapis. Selain pakaian, jangan lupakan membawa kamera kesayangan kita agar semua momen liburan di Gunung Bromo menjadi tak terlupakan.

Ketujuh, akan lebih baik kita datang ke Gunung Bromo ini disaat adanya upacara adat. Karena gunung ini dihuni oleh suku Tengger, maka kita akan bisa melihat berbagai upacara adat yang mereka lakukan. Liburan kita pastinya akan lebih berkesana dengan bisa melihat keunikan dari masyarakat lokal dari gunung tersebut.

Kedelapan, jangan sampai kedatangan kita ke Gunung Bromo ini membawa kekecewaan. Apa maksudnya? Jangan sampai kita kecewa tidak bisa masuk kawasan Gunung Bromo ini karena kita luput melihat status dari gunung tersebut. Terlebih jika status gunung tersebut meningkat. Jangan sampai kita gigit jari dengan rencana yang sudah matang tapi lupa untuk mengecek status gunung Bromo tersebut.

Kesembilan, yang pasti jangan sampai lupa membawa bekal makanan dan minuman. Tidak banyak penjual makanan dan minuman dikawasan gunung tersebut. Walaupun ada, harganya sudah pasti lebih mahal dari harga sebenarnya. Jika kita memang membawa uang yang tidak terlalu banyak, alangkah baiknya jika kita sudah membawa bekal tersebut dari rumah.

Kesepuluh, agar tidak menimbulkan kebosanan, disarankan untuk pulang dari jalur yang berbeda. Artinya jika kita pergi ke gunung ini melewati jalur Probolinggo, maka rencanakan jalur pulang melalui jalur lain seperti Pasuruan ataupun Malang. Hal ini akan menambah wawasan untuk kunjungan yang selanjutnya. Pemandangannya pun sudah pasti akan berbeda pula.

Setelah kita mengetahui beberapa tips agar kita nyaman untuk berlibur ke Gunung Bromo ini, alangkah baiknya kita mengetahui tempat-tempat wisata mana yang bisa kita datangi selama berada di gunung ini. Tempat mana saja yang bisa kita datangi?

Pertama, dikarenakan kedatangan kita ke gunung ini karena ingin sekali melihat keindahan matahari terbitnya, maka tempat pertama yang harus kita datangi adalah View Point. View Point sendiri adalah merupakan lokasi-lokasi yang dianggap tepat untuk kita melihat keindahan dari matahari terbit. Disini kita bisa memilih dari beberapa View Point yang ada. Ada Seruni Point, Bukit Kingkong, Penanjakan 1 dan 2 dan terakhir adalah Puncak B29 Bromo.

Kedua, setelah puas menikmati keindahan matahari terbit dari View Point, kita bisa melanjutkan melihat obyek lainnya di kawasan Gunung Bromo ini. Pastinya keinginan tahuan kita akan kawah dari gunung ini adalah salah satu alasan utama kita memilih berlibur. Dengan menaiki tangga yang berjumlah 250 buah, maka kita sudah bisa berada di tepi kawah. Dimana saat sudah berada ditempat ini, kita akan melihat pemandangan cantik dari pergunungan Tengger serta gunung Batok dihadapan kita.

Ketiga, pastikan kamu tidak melewatkan untuk berkunjung ke Padang Savana. Padang ini merupakan hamparan rumput hijau yang sangat luas. Luasnya bisa mencapai 10 km persegi dan sering disebut oleh banyak wisatawan sebagai Bukit Teletubbies. Saat kita sudah menginjakkan kaki kita dipadang ini, kita akan langsung merasakan suasana yang sangat nyaman dan sejuk. Bukit Teletubbies ini berada di kawasan selatan dari kawah gunung Bromo ini. Tepatnya berada dikawasan yang bernama Jemplang. Jangan lewatkan untuk mendatangi padang ini saat kita berada dikawasan gunung Bromo ini.

Keempat, jika waktu kita masih banyak, jangan lupa untuk mendatangi lokasi yang satu ini. Pasir Berbisik merupakan lokasi tempat pembuatan film layar lebar yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dengan judul film “ Pasir Berbisik “. Berbeda dengan padang Savana dengan rumputnya, maka di tempat ini kita akan menemukan hamparan pasir yang membentang sangat luas. Hamparan tersebut akan membentuk lukisan garis-garis yang sangat indah. Bahkan seperti yang diceritakan oleh banyak orang, kita bisa merasakan sensasi suara bisikan jika kita menempelkan telinga kita didekat pasir tersebut. Unik bukan?

Menyenangkan bukan untuk wisata di Bromo? Kita akan banyak menemukan banyak kesenangan saat berada di Gunung Bromo ini. Gunung Bromo ini bisa menjadi altenatif bagi wisatawan yang ingin sekali berlibur ke gunung tanpa harus mempunyai bekal mendaki gunung. Banyak kemudahan yang bisa kiat dapat saat ingin berada di puncak gunung ini seperti adanya kendaraan jeep serta kuda yang akan membawa kita ke tujuan. Persiapan yang matang masih tetap dibutuhkan jika kita ingin melakukan wisata ke Bromo ini. Selamat berlibur.

Yang terpenting adalah kita harus bisa mempersiapkan semua hal tersebut dengan sangat baik. Ini tentunya agar liburan kita sukses aman dan nyaman untuk kita dan orang-orang yang kita cintai.

Jika kamu suka memilih berlibur ke daerah pegunungan, mungkin bisa memilih perjalanan berlibur ke Gunung Bromo. Kenapa saya memilih untuk memilih tempat wisata yang satu ini? Ini dikarenakan akan lebih mudah menemukan tempat Wisata dan Hotel di Bromo ini.

Terlebih wisata ini sudah sangat terkenal akan keindahan alam pegunungannya. Destinasi wisata Gunung Bromo merupakan destinasi yang sudah diketahui oleh banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pemandangan alam yang sangat menawan, ada juga hamparan laut pasir yang sangat luas, menghirup dalam-dalam udara segar nan dingin ala pegunungan menjadi daya tarik utama tempat wisata ini.

Banyak jalan kekota Roma, mungkin ini bisa terapkan saat melakukan perjalanan ke tempat wisata Gunung Bromo. Karena kita memiliki beberapa jalur transportasi untuk bisa sampai di Gunung Bromo. Karena letak dari Gunung Bromo ini berada di Provinsi Jawa Timur, maka biasanya wisatawan yang berasal dari luar pulau Jawa akan transit dulu ke Bandara Juanda Surabaya.

 

Hotel Bintang 3 yang dekat dengan kawasan wisata Gunung Bromo

 

Bromo Permai 1

  • Alamat                           : Jl. Cemorolawang
  • Tipe Room                    : Standart dan Standart Triple
  • Harga                              : Rp.585.000 dan Rp.785.000 (per malam)

Cemara Indah Hotel

  • Alamat                           : Cemara Lawang, Ngadisari
  • Tipe Room                    : Standart, Deluxe, Superior
  • Harga                              : Rp.455.000 sampai Rp.855.000 (per malam)

Pondok Wisata Adas

  • Alamat                           : Jl. Raya Bromo Cemoro Lawang
  • Tipe Room                    :
  • Harga                              : Rp.495.000 (per malam)

Hotel Bintang 4 yang dekat dengan kawasan wisata Gunung Bromo

Jiwa Jawa Resort

  • Alamat                           : Jl. Raya Bromo
  • Tipe Room                    :
  • Harga                              : Rp.1.690.000 (per malam)
maps not found.
mobapp_frame

Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah
facebook twitter google-plus

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

TripAdvisor
Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini
back to top