Wisata Kuliner di Ubud

Selain sebagai tempat wisata, Ubud juga telah berkembang menjadi salah satu tempat wisata kuliner terbaik di Bali. Berbagai macam restoran dengan sentuhan rasa unik hadir di desa yang merupakan bagian Kabupaten Gianyar ini.

Berbagai pilihan kuliner lezat, mulai dari harga termurah hingga yang termahal ada disini. Oleh karenanya, potensi wisata kuliner di Ubud ini sangatlah besar.

 

Bebek Bengil

Destinasi kuliner pertama yang patut dikunjungi di Ubud adalah Bebek Bengil. Restoran ini menyajikan hidangan Bebek Tutu yang merupakan menu khas pulau Bali. Selain itu restoran ini juga menyediakan olahan bebek lainnya, seperti bebek goreng, bebek saus cabai, dan bebek nasi goreng.

Diantara semuanya, Bebek Tutu menjadi olahan bebek yang paling disenangi. Proses pembuatan Bebek Tutu ini terbilang lama, sehingga harus dipesan sehari sebelum disantap.

Restoran Bebek Bengil mempunyai fasilitas pondok bambu tradisional yang membuat pengunjung bisa menyantap hidanagn sembari melihat hijaunya pesawahan. Adapun alamat rumah makan ini adalah di Jl. Hanoman, Ubud, Bali.

 

Lotus Cafe

Destinasi wisata kuliner selanjutnya adalah Lotus Cafe. Cafe yang satu ini didirikan sejak tahun 1982 dan menjadi tempat pertemuan khusus antara para seniman lokal dan backpackers. Kafe ini menyediakan berbagai macam menu tradisional khas Bali serta masakan Indonesia pada umumnya.

Selain itu, kafe ini juga menyajikan suasana pedesaan dengan pemandangan kolam di dalamnya. Pengunjung dapat menyambangi kafe ini di Jl Raya Ubud, Ubud, Bali.

Kafe adalah restoran yang beralamat di Jalan Hanoman. Kafe mempunyai dua lantai dan menyediakan berbagai macam masakan, baik untuk para vegetarian maupun non-vegetarian.

Pengunjung yang menyambangi restoran ini rata-rata adalah ahli yoga dan turis yang tengah berkunjung ke Ubud. Menunya sendiri terdiri atas nachos, salad, nasi goreng, hinga beragam jenis kue. Selain itu juga terdapat fasilitas Wi-Fi di lantai 2.

lotus_cafe

 

Warung 9K

warung9k

9K Warung merupakan restoran yang mempunyai konsep yang unik.

Bagaimana tidak, restoran ini memberi kewenangan kepada para pengunjung untuk memilih sendiri makanan yang hendak dipesan, mengambilnya, hingga membayarnya secara sendiri.

Uniknya lagi, harga setiap masakan dipatok dengan harga Rp.9.000.

Selain sistem pelayanannya yang unik, desain restorannya pun juga terbilang menarik, karena menampilkan konsep semi galeri yang memberi kesan hangat dan nyaman.

Restoran ini sendiri berlokasi di wilayah Lot Tunduh, tepatnya di sebelah galeri Tanah Tho.

 

Corner 88

Jika ingin mencicipi Chinese Food di Ubud, maka Corner 88 adalah tempat yang patut direkomendasikan.

Restoran yang berjarak beberapa meter dari Puri Ubud ini menyediakan chinesefood serta makanan-makanan khas Pontianak.

Tak hanya itu, terdapat pula menu spesial yang diberi nama ‘bintang lima.’ Menu ini adalah perpaduan antara sate dan aging ayam beserta dengan menu utama yang hendak pengunjung pesan.

Lokasi lengkap restoran dalah di Jalan Raya Ubud.

corner88

 

Alchemy

Alchemy adalah salah satu rumah makan dengan menu salad sebagai andalannya. Salad di Alchemy ini disebut-sebut sebagai salad yang paling enak di wilayah Ubud.

Pengunjung dapat memilih sendiri 4 jenis sayuran organik yang hendak dimasukkan serta dapat memilih juga dressing yang diinginkan.

Jika tidak suka dengan hidangan salad, pengunjung bisa memesan menu lainnya atau mencoba menu es krim yang tak kalah nikmat dari salad.

Lokasi restoran ini ada di Penestaan yang terletak di sebelah atas Museum Antonio Blanco.

alchemy ubud

 

Pizza Bagus

Pizza Bagus adalah destinasi kuliner yang patut dikunjungi, terutama bagi pizza lovers.

Restoran ini telah buka sejak tahun 1996 dan menyediakan pizza sebagai menu andalannya. Tak hanya pizza, menu lain seperti sandwich, roti, dan masakan khas Indonesia juga tersaji di sini.

Setiap hari Minggu, Pizza Bagus juga menggelar organic market yang diperuntukkan untuk khalayak umum.

Pizza Bagus juga menyediakan fresh fruits di setiap harinya. Pengunjung bisa menyambangi restoran ini di Jalan Raya Penosekan.

 

Warung Nasi Betutu

Di sekitar wilayah Pasar Ubud, terdapat Warung Nasi Betutu yang menyajikan menu nasi betutu. Selain menu tersebut, terdapat pula menu lain seperti bebek panggang, ayam, dan soto ayam.

Letak rumah makan ini berada di ruang bawah Pasar Ubud yang merupakan lokasi pasar kuliner.

Karena lokasinya yang ada di bawah, tempat ini pun menjadi begitu remang-remang dengan sinar matahari yang terkadang masuk ke rumah makan.

nasibetutu_paksanur

 

Lamak

Lamak adalah restoran di Ubud yang mempunyai konsep fungky.

Di sini, pengunjung dapat duduk di luar taman tropis yang rimbun sekaligus memandangi dapur terbuka yang ramai.

Atau, bisa juga duduk di meja romantis yang tersedia di lantai atas restoran.

Menu-menu yang tersaji di sini antara lain roti manis dengan asparagus crusted, ayam saus cranberry, dan seafood bakar khas Bali.

 

Mozaic

Di daerah Jalan Raya Sanggingan, terdapat satu restoran yang bernama Mozaic. Di restoran ini, pengunjung diberi beberapa pilihan untuk mencicipi menu yang tiap harinya selalu tidak sama.

Adapun masakan yang ditawarkan adalah masakan-masakan mewah yang berasal dari berbagai negara.

Meskipun harga-harganya tergolong relatif mahal, namun rasa makanan serta pelayanan yang diberikan tergolong setimpal dengan harga yang dikeluarkan.

 

Restoran Putri Minang

Untuk pengunjung yang menyukai atau merindukan masakan Padang, Restoran Putri Minang menjadi tempat yang cocok untuk disambangi.

Adapun makanan yang disajikan di sini antara lain udang sambal, ikan kari, rendang, dan belut goreng. Untuk wisatawan yang vegetarian, terdapat beberapa masakan yang bisa dicicipi seperti terong, okra, nangka, dan sebagainya.

Pengunjung tinggal datang ke Jalan Raya Ubud untuk menikmati masakan khas Padang yang tersedia di Puteri Minang ini.

 

The Samaya Resort

Bila ingin menikmati wisata kuliner yang romantis, pengunjung tinggal menyambangi The Samaya Ubud Resort. Di resort ini, ada sebuah restoran yang bernama Swept Away.

Restoran ini berbentuk anjungan di tepi sungai banyak lilin yang menyala di waktu malam menjadi pemicu suasana romantis di restoran ini. Adapun menu yang disajikan di restoran ini adalah Asian Tapas yang merupakan beberapa jenis makanan lezat yang disajikan dalam porsi yang sangat kecil.

Cocktail dan sejumlah main course juga bisa dipesan sekaligus dinikmati di restoran ini. Swept Away beralamat di Desa Sayan, Ubud, Bali.

the samaya ubud

 

Ke-Pi-Tu Restoran

Jika Swept Away menyajikan suasana romantis di pinggir sungai, maka Ke-Pi-Tu Restaurant menyajikan suasana hutan leba dan air terjun.

Adapun menu yang disajikan di sini adalah menu-menu khas Bali serta menu khas Indonesia lainnya. Beragam menu Asia dan Barat juga tersedia di sini.

Terdapat juga sebuah bakery di restoran ini, yang membuat pengunjung dapat memesan roti panggang untuk sarapan pagi.

Untuk menu makan siang, pengunjung bisa memesan salad yang segar, sandwich, dan menu lainnya. Makanan yang lesat serta suasana hutan tropis membuat pengunjung semakin nyaman berwisata kuline di Ke-Pi-Tu.

Restoran Ke-Pi-Tu sendiri terletak di The Kayon Resort, Banjar Kepitu, Desa Tegalalang, Ubud.

kepitu ubud

 

Lengkap sudah daftar destinasi kuliner Ubud kita, mana nih yang para pembaca sudah pada visit, comment di bawah ini ya, ciaoo..