Puncak Kosakora: Tempat Selfie Seru

Puncak Kosakora! Inilah destinasi wisata yang relatif baru di Yogyakarta. Tentu saja, karena terbilang baru maka artinya Sobat tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menginjakkan kaki di tempat ini. Penasaran dengan Puncak Kosakora?

Pemandangan dari Puncak Kosakora - Sumber: fashion.growinnovation.net

Pemandangan dari Puncak Kosakora – Sumber: fashion.growinnovation.net

Perjalanan Menuju Puncak Kosakora

Tidak ada yang indah tanpa perjuangan. Kalau Sobat menginginkan yang terbaik, maka Sobat harus siap mengerahkan yang terbaik pula. Begitu pun dengan lokasi Puncak Kosakora yang relatif akrab di kalangan masyarakat muda Yogyakarta.

Anda harus rela menempuh perjalanan lebih dari 2 jam dengan start kota Yogyakarta hingga ke daerah Gunung Kidul. Itu pun masih harus rela berjalan kaki hingga ke Puncak Kosakora itu sendiri. Ditambah, ini bukan sekadar jalan kaki, tetapi tracking sekitar 2 kilometer jauhnya. Sudah siap?

Pantai Ngrumput - Sumber: yukpiknik.com

Pantai Ngrumput – Sumber: yukpiknik.com

Tak perlu takut bosan untuk berjalan selama 2 km sebelum akhirnya menjejakkan kaki di Puncak Kosakora. Selama perjalanan tracking, Sobat akan disuguhi pemandangan ladang milik penduduk, padang rumput yang terhampar luas, hingga berakhir di Pantai Ngrumput. Lihatlah ke ujung timur, tepatnya ketika Bendera Sang Merah Putih berkibar. Itulah Puncak Kosakora!

Sudah selesai? Jangan berharap terlalu banyak kecuali Sobat sudah selesai menapaki tangga batuan yang relatif curam dan terbuat dari batuan karst serta tumbuhan Pandanus odorifer yang tumbuh rimbun di sekitar jalan.

Puncak Kosakora sendiri awalnya disebut sebagai Bukit Ngrumput, sesuai dengan nama pantai di dekatnya. Namanya berubah menjadi Puncak Kosakora ketika seorang pelancong yang tak sengaja sampai di tempat indah ini menamakannya demikian.

Puncak Kosakora: Spot Selfie Terbaik Berlanskap Birunya Lautan Lepas

Puncak Kosakora sesungguhnya merupakan fenomena alam, sebuah bukit yang berada tepat dalam satu garis dengan deretan pantai pasir putih khas Gunung Kidul yang cantik. Jangankan sekadar pantai di sebelahnya, Mercusuar Pantai Baron pun bisa dilihat dari Puncak Kosakora ini.

Teriknya matahari tak akan menghalangi niat para pelancong yang ingin mengabadikan momen terbaik mereka berada di tempat yang seolah hanya ada di dunia dongeng dan mimpi.

Matahari Terbenam dari Puncak Kosakora - Sumber: matajatim.com

Matahari Terbenam dari Puncak Kosakora – Sumber: matajatim.com

Tidak percaya? Silakan googling sendiri pemandangan Puncak Kosakora yang sudah banyak bergentanyangan di Google Images. Pesonanya yang luar biasa baik itu pada saat siang hari dengan terik matahari yang menyinari maupun pada saat sunsite sama-sama memukau. Jangan salahkan kami kalau Sobat menjadi tidak bisa menahan hasrat liburan lebih lama lagi.

Tips Melancong ke Puncak Kosakora

Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang sudah pernah mengunjungi tempat cantik ini, ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi perhatian Sobat yang ingin mengunjungi Puncak Kosakora, di antaranya:

1. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari atau justru sore hari. Sinar matahari yang menyengat bisa membuat pusing bagi beberapa orang. Selain itu pemandangan di pagi hari dan sore hari merupakan yang terbaik karena intensitas cahaya matahari yang tidak terlalu banyak akan semakin mempercantik hasil selfie Sobat.

2. Gunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat. Selain itu untuk alas kaki, pilihlah alas kaki berupa sandal gunung atau sepatu tracking yang kuat mengingat medan selama mendaki Puncak Kosakora akan sedikit tajam dan berpotensi merusak sandal biasa yang Sobat gunakan. Jangan lupakan senjata penangkal cahaya matahari seperti jaket, topi, kacamata hitam, atau bahkan sunblock.

3. Air mineral adalah bekal wajib yang harus Sobat bawa. Bukan hanya di area Puncak Kosakora saja yang gerah dan panas. Lagipula, kekurangan air mineral akan membuat Sobat dehidrasi hingga kehilangan konsentrasi.

4. Yang terakhir dan paling penting: jangan lupa bahwa baterai kamera atau smartphone Sobat harus dalam keadaan penuh! Tentu saja hal ini sebagai persediaan untuk memotret momen-momen terbaik dengan pemandangan yang tidak biasa.

Berapa biaya untuk bisa memasuki kawasan ini? Sobat hanya perlu membayar tiket retribusi yang berlaku untuk 10 pantai pasir putih sekaligus dengan harga Rp 10.000 per orang dan sudah termasuk asuransi. Biaya tiket untuk ke Puncak Kosakora sendiri hanya Rp 2.000 per orang. Biaya karcis untuk parkir motor sebesar Rp 2.000 dan untuk mobil RP 5.000. Cukup murah untuk mendapatkan kebahagiaan dan eksistensi bukan?

Share