Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Travelling

Travelling itu, adalah saat kita mengunjungi daerah yang bukan daerah kita sendiri, dimana seringkali terjadi banyak perubahan pada tubuh kita.

Faktor-faktor seperti temperatur, cuaca dan kesiapan bekal dan tempat menginap seringkali berdampak signifikan pada kesehatan kita selama perjalanan.

Yang tadinya yang kita tidak apa-apa jika makan sambal, sekarang jadi kenapa-kenapa deh =). 29orangeFaktor daya tahan tubuh dan stamina juga mempengaruhi, karena kelelahan dan lain-lain. Oleh karenanya, hindari beberapa makanan dibawah ini, agar kita tetap sehat dan bugar selama dalam perjalanan. Kan gak oke banget jika tiba-tiba kita diare saat liburan bersama keluarga atau teman-teman.
Ini dia:

1. Buah Jeruk dan jenis Sitrus Lainnya

Tidak disarankan sebetulnya mengkonsumsi jeruk dalam perjalanan. Meski nyatanya buah ini bisa menghilangkan mual akibat mabuk kendaraan, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan menimbulkan masalah dalam pencernaan. Terutama jika Anda punya riwayat penyakit maag atau yang berhubungan dengan pencernaan. Sebaiknya banyak minum air putih jika Anda mabuk perjalanan.

2. Makanan Beku dan Makanan Cepat Saji

Biasanya, supaya praktis sebelum travelling kita membeli makanan beku yang banyak dijual di supermarket seperti sandwich, sosis dan lain-lain. Meskipun makanan tersebut layak konsumsi dan tanggal kadaluarsanya masih lama, tapi bahan-bahan pembuat makanan beku tersebut tidak lagi segar saat kita konsumsi. Akibatnya perut bisa jadi mual jika Anda makan di perjalanan.

Lagipula, makan makanan junk food akan mengakibatkan heartburn, rasa yang terbakar pada dada karena naiknya asam lambung ke esofagus, saat penerbangan mencapai 35 ribu kaki. Tidak mau kan mengalami hal tersebut Traveller?

3. Minuman yang Mengandung Alkohol dan Bersoda

Minuman yang mengandung alkohol atau bersoda membuat kita gampang kehilangan cairan tubuh alias dehidrasi. Hindari minuman ini selama Anda melakukan perjalanan dengan pesawat terbang yang udaranya kering dan tidak lembab. Tubuh Anda akan merasa lemas dan tentunya tidak enjoy menikmati perjalanan.

milk2-default4. Susu dan Olahan Susu

Susu memang menyehatkan, tetapi jika Anda mengkonsumsinya dalam perjalanan akan membuat Anda mual dan kembung. Jika harus meminum susu atau makan olahan susu seperti es krim atau yogurt, bijaklah mengkonsumsinya, jangan kebanyakan.

5. Daging

Kurangi konsumsi daging selama travelling. Daging adalah makanan yang waktu cernanya lebih lama dalam tubuh. Kebanyakan makan daging membuat Anda sembelit. Jika Anda kebetulan travelling ke Eropa yang menu suguhannya mostly daging, maka segeralah mencari penyeimbangnya berupa sayur mayur dan buah-buahan. Anda bisa meminta tour guide untuk mampir sebentar ke supermarket untuk membeli buah dan sayur kemudian Anda makan di hotel.

6. Gorengan

Tidak dalam keadaan travellingpun Anda paham, bahwa betapa tidak sehatnya gorengan. Kandungan minyak dalam gorengan susah dicerna tubuh dan minyak tersebut bisa saja menyebabkan tenggorokan kering dan batuk-batuk. Kalau terserang batuk dalam perjalanan kan gak asyik banget ya Traveller?

sambal bajak7. Sambal
Travelling ke Padang? Atau ke Menado? Hm, daerah-daerah ini kan memang terkenal sama masakan pedasnya yang luar biasa enak! Rugi dong kalau gak cicipin setiap kulinernya. Eits…! Tunggu dulu Travellers..jangan kalap dulu. Makanan pedas bisa membuat Anda diare, panas dalam juga membuat tenggorokan tidak nyaman karena makanan tersebut mengandung minyak dan cabai. Konsumsi dengan bijak saja.

Share