Apakah kamu ingin berlibur ke suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi? Mungkin jika saya sebutkan Pulau Bali, kamu akan langsung tahu.

Tapi bagaimana jika saya sebutkan kawasan wisata di Kulon Progo? Apakah kamu akan langsung tahu? Cobalah untuk berlibur ke tempat wisata yang ada di Kulon Progo.

Karena saya yakin kamu akan menemukan banyak sekali tempat-tempat yang akan membuat kamu terkesima jika sudah berada di Kulon Progo ini.

Tapi yang menjadi pertanyaannya, apakah kamu tahu dimana letak dari Kulon Progo ini?

Kulon Progo merupakan sebuah daerah Kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ibukota bernama Wates.

Kulon Progo ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang.

Dengan melihat kondisi geografisnya, tempat-tempat wisata yang ada di Kulon Progo ini memang didominasi oleh wisata alamnya.

Sebelum kamu berlibur ke kawasan Kulon Progo, alangkah baiknya jika kamu mengetahui rute yang harus kamu lalui dengan menggunakan transportasi.

Untuk saat ini, untuk bisa ke Kabupaten Kulon Progo hanya bisa dilalui oleh 2 jenis transportasi, yaitu lewat jalur darat dan jalur kereta api.

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota ataupun luar pulau, untuk bisa menuju ke kota Semarang atau kota Jogya karena merupakan kota terdekat dari Kulon Progo ini.

Untuk jalur darat kita bisa menggunakan transportasi pribadi dimana kita bisa memulai perjalanan dari Kota Semarang atau Kota Jogja. Berikut penjelasan rutenya.

Rute dari Semarang menuju ke Kulon Progo :

▪ Berangkat dari Semarang
▪ Ke arah selatan di Jl. Rambutan Raya menuju Jl. Sompok – 160 m
▪ Belok kiri ke Jl. Sompok Baru – 450 m
▪ Belok kanan ke Jl. Tentara Pelajar – 400 m
▪ Belok kiri ke Jalan Dokter Wahidin – 2,3 km
▪ Terus ke Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta/Jl. Teuku Umar – 850 m
▪ Belok kiri di Jl. Karang Rejo Raya (rambu Purwodadi/Surabaya/L – 450 m
▪ Terus ke Jl. Tanah Putih 2/Jl. Tol Srondol-Jatingaleh (rambu Purwodadi – 650 m
▪ Ambil jalan keluar ke kanan menuju Srondol/Ungaran/Solo/Yogya – 1,0 km
▪ Bergabung ke Jl. Tol Srondol-Jatingaleh/Jl. Tol Tembalang-Banyumanik – 3,4 km
▪ Ambil jalan keluar menuju Ungaran/Bawen/Solo/Yogya – 280 m
▪ Terus ke Jl. Tol Tembalang-Ungaran – 10,9 km
▪ Terus ke Jl. Tol Ungaran-Bawen (rambu Bewan – 14,7 km
▪ Belok kiri ke Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Slamet Riyadi, Bawen-Salatiga/Jl. tol Semarang-Solo (rambu Jl. Tol Ungaran-Bawen – 4,5 km
▪ Terus ke Jl. Fatmawati/Jl. Nasional – 162,7 km
▪ Belok kanan ke Jl. Lkr. Sel. Salatiga – 8,7 km
▪ Belok kanan menuju Jl. Kyai Mbilung – 44 m
▪ Belok kiri ke Jl. Kyai Mbilung – 98 m
▪ Belok tajam ke kiri menuju Jl. Lkr. Sel. Salatiga – 1,4 km
▪ Belok kiri ke Jl. Magelang-Salatiga/Jl. Raya Kopeng/Jl. Raya Salatiga-Kopeng – 4,9 km
▪ Jl. Raya Kopeng belok sedikit ke kanan dan menjadi Jl. Magelang-Salatiga/Jl. Raya Salatiga/Jl. Raya Salatiga-Kopeng – 750 m
▪ Di bundaran, ambil jalan keluar ke-3 menuju Jl. Magelang-Salatiga/Jl. Raya Kopeng/Jl. Raya Salatiga/Jl. Raya Salatiga-Kopeng – 2,3 km
▪ Belok kanan ke Jl. Magelang-Kopeng/Jl. Raya Banyubiru – Kopeng/Jl. Raya Kopeng/Jl. Raya Salatiga/Jl. Raya Salatiga-Kopeng – 2,2 km
▪ Belok kanan ke Jl. Getasan/Jl. Magelang-Kopeng/Jl. Magelang-Salatiga/Jl. Raya Kopeng – 26,4 km
▪ Belok kiri ke Jl. Semarang – Yogyakarta/Jl. Soekarno Hatta – 2,6 km
▪ Belok kiri ke Jl. Jenderal Bambang Sugeng/Jl. Jenderal Sudirman/Jl. Magelang/Jl. Magelang – Purworejo/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Mayjen Bambang Soegeng/Jl. Semarang – Yogyakarta – 4,3 km
▪ Belok kanan ke Jl. Soekarno Hatta – 7,5 km
▪ Belok kanan-76 m
▪ Terus lurus-400 m
▪ Belok kanan-650 m
▪ Sampai di Kabupaten Kulon Progo.

Rute dari Daerah Istimewa Jogjakarta menuju ke Kabupaten Kulon Progo :

▪ Belok sedikit ke kanan – 550 m
▪ Belok kanan – 850 m
▪ Belok kiri – 650 m
▪ Sampai ke Kabupaten Kulon Progo.

Setelah kamu mengetahui jalur yang kamu akan lalui, akan sangat lebih baik jika kamu mengetahui beberapa hal sebelum kamu pergi ke wilayah Kabupaten Kulon Progo ini.

Berikut tips-tips yang harus kamu ketahui :

▪ Pastikan tubuh kita dalam keadaan yang sehat. Karena kita akan menjalani perjalanan yang sangat jauh, maka pastikan jika kamu mendapat istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan.

▪ Selain tubuh yang fit, pastikan juga kendaraan yang kita gunakan dalam kondisi yang prima. Jika kamu menggunakan kendaraan sewa, pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan tersebut, minimal oli dan kondisi ban.

▪ Jangan lupakan untuk membawa perbekalan yang cukup. Karena perjalanan yang cukup jauh, pastikan jika kamu membawa makanan dan minuman yang cukup untuk bisa sampai di Kulon Progo.

▪ Jika kamu berniat untuk berlama-lama di Kabupaten Kulon Progo, pastikan jika kamu sudah mempersiapkan masalah akomodasinya termasuk tempat menginap. Akan lebih baik jika kamu melakukan pemesanan terlebih dahulu via telepon.

Setelah mengetahui tips perjalanan diatas, akan lebih baik jika kamu mengetahui kuliner khas Kulon Progo yang bisa kamu makan ditempat ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Ini bisa menjadi gambaran jika kamu sudah sampai di Kabupaten Kulon Progo ini. Apa saja?

Berikut beberapa kuliner khas dari Kulon Progo :

▪ Geblek merupakan kuliner Kulon Progo yang dibuat dari tepung tapioka ditambah dengan bumbu bawang putih. Bentuknya dibuat bulat berwarna putih dimana saat kita memakannya akan terasa kental ataupun alot.

▪ Tempe Benguk sebenarnya masih sama dengan tempe seperti biasanya. Hanya saja, jenis kuliner ini dibuat dari tempe koro.
Cara masaknya yaitu dengan cara di sengek atau dengan bumbu santan. Tempe Benguk ini menjadi panganan yang cocok dimakan bersama Geblek.

▪ Growol dibuat dari ketela singkong dimana memiliki rasa yang sangat khas. Sekali kita mencicipi kuliner ini, kita akan terbiasa dengan rasanya tersebut. Proses pembuatannya pun terbilang lama, sekitar 3-4 hari.

▪ Cenil atau Cetot memiliki warna yang banyak dengan bentuk yang lucu serta ditaburi kelapa parut. Karena ditambahkan gula, Cenil akan terasa sangat manis saat mulai dikunyah.
Dibuat dari sari pati ketela pohon, Cenil cocok dimakan disore hari dengan 1 gelas teh ataupun kopi.

Rute menuju Kulon Progo sudah, Tips perjalanan sudah, Kuliner khas sudah. Dan terakhir akan lebih baik kita mengetahui ada wisata apa saja di Kabupaten Kulon Progo yang terkenal?

Berikut beberapa wisata yang ada di Kulon Progo :

Desa Wisata Kalibiru, Destinasi Favorit di Kulon Progo

Lokasi wisata yang satu ini memang sedang naik daun dan langsung populer dengan pemandangannya yang sangat indah.

Banyak sekali spot-spot foto keren di lokasi wisata yang bernama Desa Wisata Kalibiru ini.

Terletak di Kecamatan Kokap Kulon Progo, Kalibiru merupakan lokasi ekowisata yang menarik untuk kita kunjungi. Ditempat wisata ini, kita bisa melakukan banyak sekali kegiatan.

Kegiatan seperti trekking, ataupun hanya sekedar berfoto-foto menjadi pemandangan yang bisa kita lihat ditempat ini.

Hanya saja, kita tidak bisa sembarangan langsung mengambil gambar disebuah lokasi spot.

Hal tersebut dikarenakan beberapa spot dikenakan biaya oleh pihak pengelola.

Paling mahal, kamu hanya dikenakan Rp 15.000 rupiah untuk bisa foto sepuasnya dengan waktu yang sudah ditentukan pastinya.

Air Terjun Perawan Sidoharjo, Merasakan Kesejukan Alam Asri di Kulon Progo

Air terjun yang satu ini pantas untuk kita kunjungin selama musim liburan. Terlebih jika air yang berada di kawasan air terjun tersebut sangatlah jernih serta dingin.

Dan uniknya, kita akan bisa melihat banyak sekali aneka tanaman bunga yang tumbuhnya berada didasar air terjun tersebut.

Terletak di Dusun Gonolangu, Desa Sidoarharjo, Kecamaran Samigaluh Kulon Progo, Air Terjun Perawan Sidoharjo selalu menarik minat wisatawan setiap tahunnya.

Dengan ketinggian kurang lebih 75 meter serta kemiringan 90 derajat, air terjun ini memang menjadi lokasi wisata yang tersembunyi.

Walaupun begitu, dengan adanya bantuan para masyarakat sekitar para wisatawan bisa dengan mudah menuju ke lokasi air terjun walaupun harus melewati jalan setapak yang lumayan terjal.

5 km perjalanan harus ditempuh untuk bisa menuju ke lokasi wisata ini.

Waduk Sermo, Bermain di Wisata Air di Kulon Progo

Berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo, lokasi wisata yang satu ini adalah merupakan sebuah waduk dengan panorama perbukitan Menoreh yang membuat waduk ini menjadi lokasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Dan pastinya banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan di waduk yang bernama Waduk Sermo ini. Dengan hanyan membayar Rp 2.000 perorang, kita sudah bisa masuk kedalam lokasi waduk ini. Disini kita bisa berkeliling dengan menggunakan kendaraan.

Ataupun menyewa perahu wisata yang akan membawa kita berkeliling didalam waduk tersebut. Asyik bukan? Apalagi jika kita membawa peralatan pancing kita, tentunya akan lebih mengasyikan bukan?

Tersedia juga gubuk-gubuk ditepi waduk dimana kita bisa beristirahat dan memesan menu makanan yang kebanyakan adalah menu ikan yang didapat dari hasil penangkapan ikan diwaduk tersebut.

Pantai Glagah, Adanya Pelabuhan terbesar se – Asia Tenggara

Salah satu pantai yang ada di Kulon Progo merupakan pantai yang menjadi favorit para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Kita bisa melihat hamparan pasir putih di pantai yang bernama Pantai Glagah ini. Jika kamu pergi dari kota Jogja, hanya 1 jam waktu yang harus kita tempuh untuk sampai di pantai ini.

Bahkan hanya dengan jarak tempuh 15 Km jika kita berkendara dari ibukota Kulon Progo, Wates. Banyak sekali fasilitas yang ada di pantai ini, sehingga banyak wisatawan yang senang berkunjung ke pantai ini.

Kegiatan yang pasti bisa kita lakukan disini adalah berenang atau hanya bermain air. Bagi yang hobi memancing, kegiatan tersebut bisa kita lakukan di sekitar laguna.

Kita juga bisa menyewa perahu motor untuk berkeliling di pantai tersebut atau mencari ikan lebih ketengah laut.

Dan hebatnya lagi, di pantai ini juga terdapat pelabuhan Tanjung Adikarto yang diklaim sebagai pelabuhan terbesar se Asia Tenggara.

Itulah beberapa tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Kabupaten Kulon Progo ini. Apakah masih ada lokasi lainnya di Kulon Progo ini? Banyak.

Diantara yaitu : Gunung Ijo, Arung Jeram Sungai Progo, Puncak Widosari, Air Terjun Grojogan Sewu, Puncak Suroloyo, Kebun Teh Nglinggo, Puncak Gunung Lanang, Kedung Pedut, Waduk Mini Kleco, Goa Kiskendo, Wildlife Rescue Center, Bendungan Ancol, Pantai Trisik, Pantai Bugel , dan Pantai Congot.

Tidak cukup hanya 1-2 hari untuk bisa mendatangi semua lokasi tersebut.

Oleh karena itu, bagi yang memang ingin meluangkan waktunya untuk berkeliling, jangan lupa untuk selalu mengecek persiapan termasuk kondisi tubuh serta kondisi dari kendaraan yang kita gunakan.

Jika lelah, lebih baik mencari tempat menginap agar kita mudah beristirahat dengan nyaman.