alchemy ubud

kuliner surabayaIndonesia emang kaya akan kulinernya yang ajib-ajib ya travelers. Hampir tiap daerah punya kuliner yang khas dan bikin kamu ketagihan buat balik lagi. Kayak Jogja dengan nasi gudegnya, nasi liwet solo, ataupun lumpia khas kota Semarang. Surabaya juga gak mau kalah travelers, banyak kuliner mantap yang bisa kamu coba di sini. Rasanya asli Suroboyo banget … Jadi sebelum kamu nyobain kuliner khas kota pahlawan ini berarti kunjungan kamu masih belum lengkap. Gak usah khawatir mahal, tempat-tempat ini dijamin bikin kantong kamu tetap segar meski kamu uda berburu kuliner Surabaya seharian.

1. Awali dengan Rujak Cingur yang Asli Suroboyo Banget ….

rujak cingurIni nih salad asli Surabaya yang dijamin rasanya gak kalah enak dengan salad ala Barat. Bahkan rujang cingur Surabaya ini uda terkenal di seantero Indonesia loh. Isinya juga sehat banget karena terdiri dari aneka sayuran seperti kangkung, kecambah, timun, dan kacang panjang, yang dipadukan dengan tahu dan tempe. Ada juga yang menambahkan buah-buahan di dalamnya seperti nanas dan bengkoang. Tapi daya tarik utamanya adalah cingur yang merupakan bagian moncong sapi. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu ulek yang terdiri dari kacang goreng, pisang muda atau kluthuk, cabi rawit, dan tentunya petis udang yang bikin bumbunya berasa khas banget. Kalau mau lebih kenyang lagi bisa tambahkan lontong di dalamnya. Siap-siap deh dibuat ketagihan dengan rujak cingur Suroboyo ini.

2. Rasa Pedas dan Porsinya Nasi Jancuk gak boleh terlewat

nasi goreng jancukFamiliar dong dengan kata kebangsaan Surabaya ini. Gak cuma jadi identitas dan cara untuk memanggil orang, jancuk kini juga menjadi nama nasi goreng yang dijamin rasanya jancok banget. Gimana gak, rasa pedasnya bikin kamu “misuh-misuh“. Yang ngaku pecinta kuliner pedas, wajib buat coba nasi goreng ini dan siap-siap obat mencret ya karena pedesnya total banget. Apalagi porsinya juga besar dengan harga sekitar 100ribuan per porsinya. Tapi tenang aja, seporsi nasi goreng jancuk bisa untuk 4-5 orang. Jadi travelers bisa joinan bareng temen buat makan di sini. Dan siaplah misuh-misuh bersama temanmu. Lokasi nasi goreng jancuk juga jancuk banget guys, gak di emperan toko atau pedagang keliling, melainkan di restoran hotel bintang 4, Surabaya Suite Hotel. Meski gak nginap di sini, kamu tetep bisa menikmati jancuknya nasi goreng jancuk dari¬†Surabaya Suite Hotel.

tahu tek3. Tahu Tek, sederhana tapi tetep primadona di Surabaya

Satu lagi makanan Surabaya dengan bumbu petis, apalagi kalau bukan tahu tek atau tahu telor. Meski isiannya hanya tahu goteng, lontong, kentang, dan kecambah yang disiram dengan bumbu petis, namun rasanya gak sesederhana itu. Dijamin bikin nambah lagi dan lagi. Apalagi dimakan pas malam hari ketika dompet lagi kempis, makin nikmat dengan harga bersahabat. Yang makin bikin nagih karena ditemani dengan kerupuk yang dijamin bikin nafsu makanmu makin bertambah.

rawon-setan4. Suroboyo gudangnya rawon dari yang pinter ngitung sampai yang kayak setan

Hihi, gak bohong kok. Di Surabaya emang banyak banget macamnya rawon. Salah satunya yang populer adalah rawon kalkulator. Gak berarti ini rawon bentuknya kayak kalkulator ya, cuma penjualnya aja yang pinter itung-itungan kayak kalkulator. Kalau rawon setan pas banget buat kamu yang masih belum puas dengan pedasnya kuliner Surabaya. Apalagi dengan potongan dagingnya yang besar dan empuk banget bikin makan makin lahap.

5. Gak usah balapan buat menikmati Lontong Balap

lontong balapCukuplah yang jualan aja yang jalannya kayak orang lagi balapan jalan cepet, kamu yang makan lontong balapan gak usah ikut-ikutan. Nikmati aja potongan tahu, lontong dengan sajian kuah ini dengan santai. Lontong balap makin nikmat dengan taoge dan lentho. Pas banget buat menu makan siang.

Kalau penasaran dengan kuliner Surabaya yang lain, yuk buruan tour ke Surabaya. Biar tahu sendiri kenikmatan kuliner kota ini ;)