loading

Wisata di Palembang

Tour & Wisata di Palembang

Apakah kamu salah satu penyuka kuliner pempek? Apakah kamu mengetahui dari daerah mana pempek berasal? Jika tebakan kamu adalah kota Palembang, artinya kamu benar. Pempek Palembang sudah sangat terkenal dimana-mana. Bahkan setiap kota besar yang ada di Indonesia, ada tempat yang menjual kuliner tersebut lengkap dengan kuah cukanya yang pedas.

Tapi apakah hanya itu yang terkenal dari Palembang? Tidak, jangan cuma terpaku pada pempeknya, Palembang juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang keren dan layak dikunjungi.

Jadi  mengapa tidak memulai memilih Palembang sebagai tempat berlibur kita saat libur panjang tiba? Hanya saja untuk perjalanan liburan ke Palembang ini tidak sembarangan. Bukan seperti perjalanan wisata 5-10 km tapi bisa jadi beratus kilometer jauhnya.

Tapi mengapa tidak? Apalagi jika kita mempunyai keluarga di Palembang dan belum pernah kita datangi. Perencanaannya pun harus dibuat sematang mungkin agar saat liburan nanti tidak berantakan hanya gara-gara hal sepele. Alternatif lain, anda dapat mengambil paket wisata Palembang yang sudah ada, sehingga lebih nyaman.

Hanya saja kamu perlu mulai memikirkan cara seperti apa agar kamu bisa pergi ke Palembang. Setidaknya ada 2 cara yaitu :

  1. Mulai merencanakan sendiri dari perjalanan pergi sampai dengan perjalanan sampai pulang kerumah. Hal ini tentunya membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Mulai merencanakan tempat wisata mana yang harus dituju sampai dengan pengeluaran transportasi, penginapan sampai dengan konsumsi. Dilihat dari hal-hal tersebut, kita sudah bisa menebak jika pengeluaran untuk cara pertama ini pastilah besar. Tidak ingin pengeluaran yang besar, mulailah lihat cara kedua berikut ini.
  2. Jika tidak mau banyak pengeluaran untuk berwisata ke Palembang, kita bisa menghubungi agen travel di kota Palembang dan meminta Paket Tour Palembang yang mereka punya. Biasanya mereka akan menanyakan paket yang berapa hari. Pastinya semakin banyak hari, akan semakin bisa biayanya. Hanya saja biaya sudah pasti lebih murah dari cara yang pertama. Harga yang diberikanpun harga yang tetap. Jadi mau pilih yang mana?

Setelah menetapkan cara seperti apa kita ke Palembang, mulailah mempersiapkan diri. Jangan melupakan barang-barang yang sudah seharusnya kita bawa. Karena pastinya akan lama, bawalah baju yang sedikit banyak. Kemudian pastikan kamu membawa peralatan fotografi, minimal android yang berkamera dengan resolusi besar.

Dan pastikan kamu membawa dana yang lebih untuk bekal cadangan disana. Jadi mari kita mulai liburan kita di Kota Palembang.

Gunung Dempo

Tempat wisata yang satu ini berada diperbatasan Palembang dengan Bengkulu. Kita bisa berangkat dari kota Palembang dengan perjalanan darat selama 7 jam. Gunung Dempo adalah tempat wisata yang cocok sekali untuk mencari kedamaian dan pastinya ingin berada jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Dengan ketinggian sampai dengan 3.195 meter diatas permukaan laut, Gunung Dempo menjadi tempat wisata favorit bagi pecinta alam yang berada di Pulau Sumatera. Gunung Dempo juga memiliki kawasan hutan Dipterokarp, bukit hutan Montane dan Hutan Ericaceous. Suasana pegunungan yang masih asri dan dingin ini memang selalu menjadi daya tarik para wisatawan.

Jika kita sudah sampai dilereng Gunung Dempo, kita akan disuguhkan dengan hamparan hijau dari perkebunan teh yang sangat luas. Dan jika beruntung, kita bisa menemukan banyak pekerja sedang memetik daun-daun teh yang sudah siap dalam tahap panen.

Sebelum kita melanjutkan kepuncak Gunung Dempo, lebih kita beristirahat terlebih dahulu mencari penginapan. Hal ini harus kita lakukan untuk memberi tenaga saat kita memulai pendakian sampai puncak Gunung Dempo. Banyak sekali penginapan berada disekitaran Gunung Dempo ini, jadi jangan khawatir.

Sebelum memulai pendakian, pastikan kamu melapor terlebih dahulu ke pos penjagaan Gunung Dempo. Disini kita akan diberitahu segala hal peraturan yang harus kita patuhi saat mulai mendaki. Hal ini dilakukan agar kita aman selama pendakian sampai kepuncak Gunung Dempo. Yang perlu kamu tahu, Gunung Dempo masih merupakan gunung yang masih aktif, dimana menjadi gunung tertinggi diantara pegunungan Bukit Barisan.

Jadi disaat kita mendaki, kita akan dibawa kepada 2 puncak tertinggi dari Bukit Barisan yaitu Gunung Marapi dan Gunung Dempo. Dan diantara ke-2 puncak tersebut, kita bisa menemukan lembah yang terdapat sumber mata air yang mengalir.

Air sungainya memang sangat jernih, hanya sayangnya ada rasa asam akibat campuran belerang didalamnya. Dari sini kita harus mendaki melalui jalanan yang berkerikil serta banyak bebatuan untuk bisa menuju puncak utama Gunung Dempo. Pemandangan indah yang menanti dari atas puncak adalah harga yang sangat pantas dari perjuangan kita untuk bisa menuju kepuncak ini.

Jembatan Ampera

Rasanya tidak afdol jika kita mengunjungi ikon kota Palembang, Jembatan Ampera. Sejak selesai dibangun pada tahun 1962, Jembatan ini menjadi sarana penghubung terpenting dari Seberang Hulu dengan Seberang Hilir. Dan pastinya membuat denyut perekonomian kota Palembang menjadi hidup.

Jembatan yang berada diatas sungai musi ini memang sangat terkenal. Wisatawan manapun yang datang ke kota Palembang ini, sudah pasti ingin merasakan berjalan diatas Jembatan tersebut. Apalagi jika berada dipusat jantung kota.

Dan sekitar jembatan ini, akan terlihat banyak sekali toko oleh-oleh ataupun rumah makan yang siap dengan makanan pengguncang lidah kita. Carilah hotel dekat sini, karena akan lebih mudah menuju tempat-tempat lainnya dikota Palembang ini.

Hutan Punti Kayu

Tempat wisata yang satu ini hanya berjarak 7 km dari pusat kota Palembang. Namanya Hutan Punti Kayu yang mempunyai luas 50 Hektar. Hutan yang satu ini memang berfungsi sebagai hutan lindung, hal itu dikarenakan fungsi ekologis dalam hutan ini ada yang dilindungi.

Apa yang dilindungi? Adalah kesuburan tanah serta tata air yang ada didalam hutan lindung ini. Dibangun pada 1998, Hutan Punti Kayu menjadi tempat wisata favorit bagi muda-mudi kota Palembang. Karena hutan yang satu ini dinggap tempat yang romantis untuk menjalin kasih antara muda-mudi tersebut.

Bagaimana tidak indah jika panorama yang ada ditempat wisata yang satu ini sangatlah indah dimana kita bisa melihat pohon-pohon pinus yang membentang. Karena banyak fasilitas yang disediakan, banyak wisatawan yang menyukai tempat ini.

Air Terjun Lematang Indah

Setelah melihat keindahan hutan pinus, mari kita pergi ketempat wisata air terjun. Namanya Air Terjun Lematang Indah. Tempat wisata air terjun ini berada di kota Pagar Alam dan sudah menjadi destinasi favorit wisatawan yang datang kekota Palembang.

Hanya saja ketinggian air terjun ini hanya sekitar 40 meter. Tapi jangan salah. Karena saat kita sudah berada ditempat ini, kita akan disuguhkan dengan pemandangan cantik alam sekitar air terjun tersebut. Kita akan merasakan kedamaian ditempat wisata alam ini.

Siapapun yang pernah menginjakkan kakinya ditempat ini, dipastikan dia ingin kembali lagi untuk merasakan hal yang sama. Cobalah untuk datang disaat hari sedang cerah, karena jika sedang cuaca hujan, tangga yang berada ditempat wisata ini akan sangat licin. Oleh karena itu, berhati-hatilah.

Banyak hal yang bisa kita dapat saat berwisata dikota Palembang ini. Karena kota ini menyimpan banyak sekali tempat wisata. Dari wisata alam sampai dengan wisata kuliner. Jangan lupa untuk mencicipi pempek asli khas palembang. Bahkan akan lebih jika kita membelinya dengan jumlah yang sangat banyak untuk dibawa sebagai oleh-oleh bagi keluarga dirumah. Jadi, selamat berlibur!

maps not found.

Tempat Wisata di Palembang

mobapp_frame

Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata


Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah
facebook twitter google-plus

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

TripAdvisor
Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini
back to top