Garden By The Bay, Singapura

Singapura memang menjadi salah satu alternative liburan luar negeri namun lokasinya tak terlalu jauh dari Indonesia. Tak hanya dekat, keuntungan lainnya adalah objek wisata nya yang cukup banyak untuk anda kunjungi.

Mulai dari wisata alam, permainan, kuliner, dan belanja dapat mudah anda temukan disini. Salah satu objek wisata Singapura yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan adalah Garden By The Bay, Singapura. Objek wisata ini sebenarnya merupakan proyek pertamanan yang berada di tepi Marina Bay.

Sebenarnya tujuan dari pembuatan proyek pertamanan ini adalah untuk penghijauan kota atau green space serta menjadi ikon bagi Singapura. Namun karena bentuknya yang menarik, belum lagi dengan atraksi-atraksi yang ditampilkan membuat banyak wisawatan datang mengunjungi wisata yang satu ini.

Objek Menarik Di Garden By The Bay

Taman ini berada tepat di 18 Marina Gardens Drive. Di dalamnya anda bisa menemukan hingga 250 ribu tanaman langka yang menjadi koleksi di tempat ini. Taman ini sebenarnya terdri dari 3 bagian, yaitu Bay East, Bay South, dan Bay Central.

gardens-by-the-bay_wonder

Banyak objek-objek menarik yang bisa anda lihat di taman ini. Misalnya saja seperti rumah kaca raksasa, tempat dimana sebagian besar koleksi tanaman langka ini ditempatkan. Bangunan ini benar-benar cukup unik dengan arsitektur yang rumit berbentuk seperti kerang.

Namun untuk masuk ke bagian ini memang anda harus mengeluarkan uang yang cukup karena tiket yang lumayan mahal. Namun memang ada beberapa bagian dari Garden By The Bays ini gratis dikunjungi ataupun jika membayar hanya sekitar 80.000 rupiah saja.

Anda juga bisa menyaksikkan pemandangan pohon-pohon raksasa yang terbuat dari baja di bagian Supertree Grove. Tinggi dari pohon-pohon ini bahkan hampir sama dengan  gedung yang berlantai 16.

Pohon-pohon ini berada di Bay South, yang memang ditujukan sebagai pohon solar agar dapat mengumpulkan air hujan serta energi solar yang berasal dari matahari. Jika anda hanya ingin berfoto saja di area ini, anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun.

Ingin melihat pemandangan Singapura dari ketinggian? Anda bisa mencoba untuk mengunjungi Jembatan OCBC Skyway.

Jembatan yang memiliki panjang hingga 128 m ini memang akan memberikan pengalaman yang menarik untuk anda nikmati. Sembari menelusuri jembatan, anda bisa menyaksikkan pemandangan taman raksasa ini dari atas, bahkan anda juga bisa menyaksikkan pemandangan beberapa bangunan di Singapura.

heritage garden

Jam operasional dari jembatan ini adalah dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Pemandangan akan lebih benar-benar cantik ketika anda datang pada malam hari. Ditambah lagi dengan lampu yang berwarna warni menghiasi Supertree Grove.

Untuk bisa naik ke jembatan ini, anda perlu merogoh kocek sekitar 8 US Dollar Singapura untuk Dewasa dan 5 US Dollar Singapura untuk anak anak usia 3-12 tahun.

Di bagian Bay East sendiri memang terdapat hutan tropis, hamparan taman bunga, serta area untuk berpiknik yang berhadapan langsung dengan Teluk Marina.

Tak hanya bisa dimanfaatkan untuk berjalan-jalan saja, anda juga bisa berolahraga sambil menikmati udara yang segar sambil menikmati pemandangan pohon-pohon raksasa yang terbentuk dari 160 ribu tanaman dari berbagai spesies.

Selain itu masih banyak tempat lainnya yang tak boleh adna lewatkan selama berada di Garden By The Bay, Singapura ini, antara lain adalah:

gbtb_garden

Heritage Gardens

Tempat ini buka dari jam 5 pagi hingga 2 pagi, tempat ini merupakan kawasan yang didalamnya terdiri dari 4 buah taman yang didalamnya terdapat banyak jenis-jenis tanaman yang masih memiliki kaitan erat dengan budaya serta sejarah dengan 3 kelompok etnis utama yang ada di Singapura dan masa colonial yaitu The Colonial Garden serta The Malay Garden.

Dragonfly & Kingfisher Lakes

Tempat ini merupakan danau yang berada di area depan Garden Bays The Bay. Di dalam danau ini anda bisa menemukan instalasi seni yang mana berbentuk seperti patung capung.

Kolam ini juga memiliki fungsi sebagai filter alami yang digunakan untuk membersihkan air yang berasal dari waduk Marina.

Disisi danau terdapat broadwalk yang berbahan dasar kayu dengan panjang 440 meter yang dapat digunakan sebagai tempat berjalan untuk menelusuri keindahan sekitar danau. Bahkan banyak pula wisawatan yang menjadikannya sebagai spot foto.

Flower Dome

Tempat ini buka pada pukul 9 pagi-9 malam. Tempat ini sebenarnya adalah kawasan konservatori dari tanaman-tanaman yang berasal dari Mediterania serta Negara-negara lainnya dengan curah hujan yang cukup rendah.

Untuk bisa melihat berbagai koleksi tanaman di tempat ini, anda harus merogoh uang untuk tiket masuk. Untuk orang dewasa sekitar 28 US Dollar Singapura sedangkan untuk anak-anak sekitar 15 US Dollar Singapura. Meskipun mahal, namun tiket ini sudah termasuk dengan biaya untuk masuk ke Cloud Forest.

flower dome

Cloud Forest

Bangunan ini bentuknya seperti kerang raksasa yang mana menjaid tempat koleksi berbagai tanaman-tanaman lainnya yang berbeda. Bahkan disini anda bisa melihat air terjun yang indah dengan ketinggian mencapai 35 meter.

Tanaman-tanaman yang ada di area ini biasanya berasal dari daerah dataran tinggi yang mencapai 200 mdpl. Tak hanya menarik, kawasan ini tentu saja bisa menjadi wisata edukasi bagi anda yang membawa anak-anak. Tempat ini buka jam 9 pagi- 9 malam.

Theater Climate, +5 Degree C

Dibawah Cloud Forest, anda bisa mengunjungi Theater Climate yang mana di dalamnya terdapat pertunjukan film yang menggambarkan tentang dampak jika bumi mengalami kenaikan panas hingga mencapai 5 derajat.

Disini juga dijelaskan bencana apa saja yang terjadi ketika kondisi tersebut terjadi di bumi. Sehingga dapat memberikan pengetahuan dan info baru bagi pengunjung yang datang agar bisa lebih menjaga bumi.

Anda juga bisa menyaksikkan pertunjukan menarik di Garden By The Bay ini, pertunjukan ini pastinya gratis dan sayang untuk anda lewatkan.

Anda bisa menyaksikkan pohon-pohon raksasa yang ada berkelap kelip dengan nyala warna yang dapat menyesuaikan lagu. Pertunjukan ini tampil selama 2 kali sehari pada jam 19.45 PM dan 20.45 PM.

theater climate

Akses Menuju Garden By The Bay

Untuk dapat menuju ke tempat ini, banyak jalan yang bisa anda tempuh antara lain adalah:

Anda bisa menggunakan MRT Jalur Kuning lalu menuju Stasiun Bayfront dan kemudian keluar melalui Exit B. Setelah itu anda bisa melihat langsung Dragonfly&Kingfisher Lake.

Atau anda juga bisa menaiki MRT Jalur Merah, dan kemudian berhenti di Stasiun Marina dan keluar dari Exit A. Dari sana anda tinggal melanjutkan menaiki bis no. 400 dan berhenti di Marina Garden Drive.

mrt_station

Nah itu tadi wisata Garden By The Bay, Singapura yang bisa anda jadikan alternative liburan bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Semoga informasi diatas dapat membantu anda.