Cinta Fotografi dan Jawa Barat, Wajib Datang Di Pameran Foto Kilas Balik Jawa Barat

kilas balik jawa baratJawa Barat memang salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya karena memiliki pesona alam yang indah, namun juga Jawa Barat memiliki bahasa daerah yang kian hari kian populer. Kemudian kuliner di Jawa Barat juga enak-enak dan bisa diterima hampir di setiap lidah. Nah, buat travelers yang menyukai Jawa Barat dan pengen kenal Jawa Barat lebih mendalam, buruan deh datang ke Pameran Foto Kilas Balik Jawa Barat 2014-2015. Acara ini digelar oleh Wartawan Foto Bandung dan bertempat di Cikapundung River Spot, Jalan DR. Ir. Sukarno, Bandung. Sebagaimana tema acaranya, melalui pameran ini pihak penyelenggara berusaha mengajak masyarakat untuk melihat Jawa Barat selama satu tahun ini melalui serangkain peristiwa yang diabadikan dalam frame kamera.

Para kurator Pameran Foto Kilas Balik Jabar
Para kurator Pameran Foto Kilas Balik Jabar

Acara yang berlangsung sejak Senin kemarin ini, 23 November 2015, akan berakhir pada Sabtu, 28 November 2015 esok. Di pameran ini ada 100 foto yang dipajang hasil karya para jurnalis, baik itu media cetak maupun online yang bertugas di Bandung. Foto-foto ini bukan sekedar gambar sembarangan lantaran telah melalui seleksi yang cukup ketat yang dilakukan oleh para kurator yang terdiri dua orang fotografer senior, yakni Dudi Sugandi dari Pikiran Rakyat dan juga Yogi Ardhi dari Republika. Seleksi yang dilakukan dimaksudkan untuk mendapatkan gambar yang tidak hanya memiliki kualitas yang baik namun juga mewakili peristiwa yang terjadi di Jawa Barat. Dan yang tak ketinggalan tentu saja gambar kala klub kesayangan Bobotoh berhasil menjuarai LSI dan Piala Presiden. Ada sekitar delapan gambar yang ditampilkan, yakni gambar kala Maung Bandung berjuang hingga berhasil menjuarai Piala Presiden. Kemudian ada gambar kala Diklat PERSIB kala meraih juara Piala Bupati Subang. Dan yang tak ketinggalan tentu saja gambar para bobotoh yang menjamur kala menonton bersama final Piala Presiden.

Pembukaan Pameran Kilas Balik Jabar
Pembukaan Pameran Kilas Balik Jabar

Sebenarnya tidak ada tema khusus yang ditetapkan penyelenggara namun lebih banyak foto-foto tersebut menggambarkan keadaan lingkungan, pembangunan ekonomi, dan juga bencana alam yang terjadi di Jawa Barat. Harapannya foto-foto ini bisa menjadi barometer para pemangku jabatan untuk bisa memperbaiki kinerja sehingga bisa membawa Jawa Barat menjadi lebih baik lagi. Para pemangku jabatan pun menyambut dengan baik pameran foto ini karena gambar-gambar yang ditampilkan begitu jujur memandang peristiwa dan tak menggambarkan tendensi apa pun. Bahkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, dalam pembukaan pameran tersebut berharap event ini bisa menjadi event tahunan yang bisa diselenggarakan tidak hanya oleh para jurnalis namun juga para komunitas foto.

pameran foto kilas balik jabarPameran Foto Kilas Balik Jawa Barat oleh Wartawan Foto Bandung ini dilakukan di area outdoor. Namun uniknya meski outdoor namun pihak penyelenggara tidak merasa khawatir dengan serbuan rintik-rintik hujan. Pasalnya bahan yang digunakan untuk memajang foto tersebut bersifat anti air. Jadi meski hujan, pengunjung tetap bisa menikmati pameran yang tadi pagi juga menggelar diskusi foto bersama para fotografer senior dan berlangsung di Perpustakaan Gedung Merdeka. Nah, mumpung masih ada waktu, buruan dah datangi Pameran Foto Kilas Balik Jawa Barat bareng tour Bandung yang bikin liburan kamu ke Bandung gak cuma murah, namun juga nyaman dengan pelayanan yang memuaskan.