loading

Monumen Sura dan Baya, Surabaya

Siapa yang tidak tahu tentang kota Surabaya?. Kota yang dijuluki sebagai kota pahlawan ini memiliki beragam peninggalan sejarah, termasuk asal muasal nama surabaya. Menurut legenda rakyat kota Surabaya, nama surabaya berasal dari dua binatang yang saling bertengkar yaitu ikan hiu sura dan buaya. Dalam kisah cerita rakyat ikan hiu sura berkelahi dengan buaya karena perebutan kekuasaan. Perkelahian tersebut berakhir dengan perjanjian pembagian kekuasaan, dimana ikan hiu sura berkuasa di air dan buaya berkuasa di darat. Akan tetapi, ikan hiu sura melanggar perjanjian tersebut dengan mencari makan di sungai. Kejadian tersebut diketahui buaya, kedua hewan tersebut bertengkar dan berakhir dengan meninggalnya kedua hewan tersebut. Kisah cerita rakyat tersebut dibuatlah suatu monumen yang dikenal sebagai monumen sura dan buaya.

Lokasi Monumen Sura dan Buaya

Monumen sura dan buaya ini terdapat di dua tempat yaitu bantaran sungai kalimas, tepatnya di arena skateboard di jalan ketabang kali, belakang delta plasa atau dekat dengan monumen kapal selam. Sedangkan satu monumen sura dan buaya berada di lokasi bunderan jalan moh. Natsir kota Surabaya. Perbedaan monumen sura dan buaya ini terletak pada komponen pendukungnnya, seperti monumen sura dan buaya di bantaran sungai kalimat tersebut terdapat air mancur sedangkan monumen sura dan buaya di jalan moh. Natsir terdapat tambahan berupa jangkar dan burung garuda diatasnya.

Makna Simbolis Monumen Sura dan Buaya

Terlepas dari legenda rakyat tentang perkelahian ikan hiu sura dan buaya, kata “surabaya” memiliki arti yang sangat bermakna bagi warga kota Surabaya yaitu bermakna berjuang. Surabaya berasal dari kata sura yang artinya selamat dan baya artinya bahasa. Jadi surabaya secara harfiah berarti selamat dari bahaya. Hal ini dikait – kaitkan dengan sejarah jaman kerajaan majapahit yang dipimpin oleh raja raden wijaya. Dimana kerajaan majapahit selamat dari bahaya serangan tentara tar – tar dari cina dengan memenangkan pertarungan. Hari kemenangan tersebut sampai sekarang dijadikan hari jadi kota Surabaya.

Aktifitas di Sekitar Monumen Sura dan Buaya

Selain sebagai monumen pengingat sejarah, monumen sura dan buaya ini sudah menjadi ikon kota Surabaya. Banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri berkunjung ke monumen tersebut untuk berfoto atau hanya sekedar tempat “ngadem aja”. Tetapi tidak sedikit pula monumen sura dan buaya ini dijadikan tempat syuting. Hal ini menunjukkan bahwa mereka benar – benar berada di kota Surabaya.

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke tempat wisata khas kota Surabaya ini, silahkan Anda berkunjung di monumen sura dan buaya. Anda bisa menggunakan beragam transportasi ke tempat tersebut bisa dengan kendaraan pribadi maupun kendaraaan umum. Rencanakan hari liburmu bersama rekan – rekan dan keluargamu untuk berkunjung ke kota pahlawan ini. Happy traveling !.

 

 

Hotel Sekitar Monumen Sura dan Baya

maps not found.
mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini