Tag Archives: Jakarta

Museum di Jakarta

Indonesia National Museum Jakarta

Pernahkah kamu mengunjungi museum sekali dalam hidup kamu? Terasa aneh bukan saat saya menanyakan hal ini?

Hal ini saya tanyakan karena mengingat keberadaan museum khususnya museum di Jakarta pada saat ini masih kalah dengan hadirnya pusat-pusat perbelanjaan pada saat ini.

Bahkan perbandingan pengunjung yang datang antara museum dengan pusat perbelanjaan sangat jauh berbeda. Memang sangat mengasyikkan untuk pergi ke pusat perbelanjaan, saya sendiri mengakui hal tersebut.

Walaupun begitu alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa alasan mengapa kamu wajib mengunjungi museum agar kamu bisa tahu bukan hanya pusat perbelanjaan saja yang asyik sebagai tempat menghabiskan waktu.

Simak beberapa alasannya berikut ini. Read more

Share

Tradisi Unik Perayaan Natal Ala Indonesia

lilin-natalIndonesia emang kaya akan tradisi yang begitu unik dan menarik untuk disaksikan. Tak terkecuali pada perayaan Natal. Tidak hanya sejumlah pusat perbelanjaan, area public service, ataupun gereja yang mulai menghias diri untuk menyambut perayaan kelahiran Yesus Kristus ini, namun sejumlah daerah ini juga mempersiapkan sejumlah tradisi unik untuk merayakan Natal. Cek yuk, apa aja tradisi yang ada di Indonesia dalam rangka peringatan kelahiran Yesus Kristus.

Pertunjukan Wayang Kulit di Yogyakarta dengan tema Kelahiran Yesus Kristus

Sebagai daerah keraton yang sarat akan budaya, perayaan Natal di Yogyakarta pun diwarnai dengan acara budaya, yakni pagelaran wayang kulit dengan mengusung tema kelahiran Yesus Kristus. Dalam perayaan misa di Gereja, pastor ataupun pendeta membawakannya dalam Bahasa Jawa halus. Untuk pakaiannya pun para pastur ataupun pendeta ini menggunakan pakaian adat daerah, lengkap dengan beskap serta blankon. Perayaan Natal di Yogyakarta sama halnya dengan perayaan hari raya Idul Fitri dimana masyarakat saling mengunjungi keluarga dan kerabat. Tak lupa angpao pun diselipkan kepada anak-anak dalam kunjungan tersebut. ;) Read more

Share

Rumah Batik Danar Hadi, Belanja Batik Khas Surakarta Di Jakarta

danarhadi_pic206Batik memang tidak bisa lepas dari budaya bangsa Indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki jenis kain batik mereka sendiri dengan corak dan motif yang berbeda satu sama lain. Masing-masing motif dan corak menggambarkan kebudayaan dan nilai-nilai yang dipercaya masyarakat daerah tersebut. Karenanya pantas jika batik ditetapkan UNESCO sebagai warisan asli Indonesia. Jika dahulu batik hanya digunakan dalam acara formal, namun kini batik bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan dan dipadukan dengan berbagai produk fashion. Jadi sekarang batik tidak hanya ditemukan pada baju, namun juga celana, aksesoris, sandal, sepatu, dan juga tas. Yang cukup populer dikalangan wisatawan adalah batik Yogyakarta dan Surakarta. Hal ini tak terlepas dari sejarah kedua daerah tersebut yang merupakan satu wilayah kerajaan, yakni Kerajaan Mataram, sebelum akhirnya terbagi menjadi dua, Yogyakarta dan Surakarta. Read more

Share

Pilihan Wisata Akhir Pekan bersama Buah Hati

Berlibur-Bersama-KeluargaYe … akhirnya akhir minggu tiba. Mumpung akhir pekan yuk kembali hangatkan suasana bersama keluarga, terutama para buah hati kita. Hampir sepekan kasih sayang kita ke mereka berkurang karena kesibukan pekerjaan. Jadi mumpung lagi liburan, kenapa tidak kita manjakan mereka, bisa dengan melakukan aktivitas bersama ataupun berlibur bersama. Gak perlu ke luar negeri buat bikin mereka seneng. Cukup liburan di dalam negeri, ataupun bahkan di dalam kota sendiri sudah cukup membuat mereka tertawa bahagia, asalkan bisa berkumpul kembali dengan orang tua mereka. Nah berikut ini akan kami rangkumkan sejumlah tempat wisata keluarga di sejumlah kota di Indonesia.

1. Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Read more

Share

Glodok Chinatown, Menelusuri Jejak Sejarah Etnis Cina Di Jakarta

glodok chinatownEtnis Tionghoa telah lama menjadi bagian dari sejarah perjalanan kehidupan bangsa Indonesia. Karenanya banyak sekali ditemukan kawasan perkampungan Cina atau yang juga dikenal dengan nama kawasan Pecinaan. Tal terkecuali di kawasan kota metropolitan Jakarta. Bahkan terdapat kampung cina yang memiliki usia tak kalah tua dengan Setu Babakan, kampung asli warga Betawi. Kawasan yang dikenal dengan nama Glodok Chinatown tersebut termasuk dalam wilayah Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Daerah Glodok cukup populer di telinga warga ibukota. Hal ini karena di kawasan yang menjadi tempat tinggal etnis Tionghoa tersebut cukup terkenal sebagai sentra bisnis. Sejak zaman dahulu, kawasan Glodok memang sudah populer sebagai tempat transaksi ekonomi. Sejumlah bangunan tua yang hingga kini masih bisa disaksikan, menunjukkan kemegahan dan ramainya transaksi bisnis di kawasan Glodok. Bahkan pada masa lampau, kawasan Glodok juga menjadi temoat hiburan malam yang cukup populer namun terselubung dan ilegal. Keramaian kawasan Glodok bahkan telah dimulai sebelum kehadiran pemerintah Hindia Belanda. Kawasan Glodok tumbuh bersamaan dengan kampung tua yang lainnya yang ada di sepanjang aliran Sungai Ciliwung. Read more

Share

Menutup Wisata dengan Belanja Murah

berburu oleh-olehLiburan emang gak lengkap kalau gak bawa oleh-oleh. Aktivitas yang satu ini bikin liburan lebih seru. Rasa lelah usai berkeliling mencari barang buat oleh-oleh ngalahin penatnya mendaki gunung ;) Ditambah lagi jika berbelanja di pasar tradisional, suasana adu debat dengan penjual untuk dapetin harga paling murah semakin menambah keseruan berbelanja. Tapi begitu mendapatkan banyak barang bagus dengan harga yang oke punya, rasa senang dan lega yang luar biasa menjadi penggantinya. Nah, masing-masing daerah memiliki tempat wisata belanja tertentu yang menjadi favorit para wisatawan dalam berburu oleh-oleh. Bukan hanya karena harganya lebih murah namun juga karena fasilitas dan barang yang ditawarkan begitu lengkap, mulai dari fashion, aksesoris, hingga pusat kuliner. Yuk kita tengok, pasar mana saja yang menjadi andalan wisata kala berbelanja oleh-oleh. Read more

Share

Kepulauan Cantik dengan Surga Laut yang Eksotis

laut-IndonesiaTanggal 21 Agustus ini adalah hari yang istimewa travelers buat kemaritiman Indonesia. Karena pada tanggal tersebut Angkatan Laut Indonesia berhasil merebut kekuatan laut dari tentara Jepang. Kekuatan maritim Indonesia sudah terkenal sejak masa nenek moyang kita, Indonesia sudah terkenal sebagai negara maritim. Bahkan sejumlah kerajaan besar, seperti Sriwijaya dan Majapahit yang mampu menguasai beberapa negara tetangga, juga terkenal dengan kekuatan maritimnya.Indonesia memang negara dengan kepulauan terbesar di dunia dan juga dengan garis pantai terpanjang di dunia. Karenanya kita patut berbangga bisa tinggal di Indonesia. Pulau-pulau di Indonesia tak hanya cantik di permukaan, namun juga memiliki alam bawah laut yang menakjubkan. Karenanya banyak para penyelam dunia yang bertandang ke Indonesia untuk menikmati surga bawah laut Indonesia. Kamu pun jangan mau kalah travelers. Untuk memperingati hari Maritim Nasional, gimana kalau kita jalan-jalan ke sejumlah kepulauan di Indonesia yang eksotis, lumayan buat mengisi libur akhir pekan ini. Yuk langsung aja, kita mulai dari … Read more

Share

Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Tempat Menyejukkan Diri Di Jakarta

TWA-angke-kapukTravelers, kata siapa Jakarta kota yang panas? Nyatanya di kota tersibuk di Indonesia ini ada kok tempat yang adem, sejuk, penuh dengan pemandangan hijau. Jadi kalian gak perlu lagi jauh-jauh nyebrang ke Kepulauan Seribu apalagi sampai pergi ke luar kota seperti Puncak buat menikmati suasana hijau. Karenanya nyatanya di dalam kota sendiri ada tempat untuk mendapatkan pemandangan itu semua. Gak percaya? Read more

Share

Wisata Kota Tua, Peninggalan Kemegahan Masa Lalu yang Tetap Mempesona

kota tuaYee … weekend … Seneng deh akhirnya ada waktu buat diri sendiri setelah enam hari harus sibuk dengan segala tugas dan kewajiban. Nah akhir pekan ini gimana kalau kita jalan-jalan ke kota tua? Pergi ke kota tua akan mengajak kalian flash back ke masa lalu dengan sejarah yang memiliki arti penting bagi negeri ini. Ada banyak wisata kota tua yang bisa travelers kunjungi. Gak perlu jauh-jauh dari kota tempat kamu tinggal karena siapa tahu di kota kamu ada sejumah kota tua yang bisa kalian datangi. Jangan buru-buru kabur begitu melihat gedung-gedung tuanya, karena di beberapa kota gedung-gedung tua peninggalan masa lampau tersebut tetap dipelihara dan bahkan direvitalisasi tanpa meninggalkan keaslian bentuknya sehingga tetap nyaman dikunjungi. Kita sudah merangkum sejumlah kota tua keren yang ada di empat kota yang bisa travelers kunjungi. Yuk-yuk di cek, siapa tahu kota kamu masuk dalam daftar ini. Read more

Share

Taman Margasatwa Ragunan, Suaka Margasatwa yang Murah, Dekat, dan Aman

taman margasatwa ragunanKata siapa liburan di Jakarta harus mahal. Nyatanya ada banyak tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi dengan budget murah namun tetap menawarkan kesenangan yang luar biasa. Salah satunya adalah Taman Margasatwa Ragunan. Karena lokasi di dalam kota sendiri budget bisa lebih ditekan dan yang pasti lebih aman. Jadi liburan gak harus jauh dengan budget bejibun. Sesuai namanya, Taman Margasatwa Ragunan merupakan area konservasi satwa dan fauna dimana travelers bisa melihat sekaligus belajar mengenai mereka. Tempat wisata ini pas benget dikunjungi buat yang sudah memiliki buah hati dan ingin menghabiskan waktu bersama. Atau jika travelers pecinta satwa dan akademisi yang berkonstrasi pada kehidupan satwa juga bisa datang ke sini. Read more

Share
1 2