Menikmati Serunya Festival Bandung Lautan Api

KOTA Bandung merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat yang menyimpan banyak keunikan dan kreatifitas orang-orang di dalamnya. Mulai dari wisata alam hingga wisata kreatif, ada di kota yang mendapat julukan Kota Kembang ini.

Wisata kreatif seperti event musik ataupun festival tahunan selalu diselenggarakan secara rutin dan terjadwal. Tak tangung-tanggung, setiap tahunnya Kota Bandung bukan hanya membuat satu festival saja, melainkan beberapa festival secara semarak.

Biasanya festival-festival di Kota Bandung akan diadakan ketika menjelang Hari Jadi Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung beserta warga Kota Bandung biasanya membuat rangkaian acara yang cukup panjang untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kota Bandung.

Karena dengan adanya rangkaian acara tersebut, selain untuk menghibur warga Kota Bandung, hal tersebut dapat juga dijadikan sebagai ikon wisata baru Kota Bandung dan tentu akan mendorong tingkat okupansi hotel di Bandung.

Taman Film Bandung

Seperti kota yang lainnya, Bandung akan merayakan Hari Jadinya dengan berbagai event dan kegiatan yang menarik banyak pengunjung dan juga menarik bagi masyarakat setempat tentunya.

Salah satu festival tahunan yang selalu di rayakan di Kota Bandung adalah Festival Bandung Lautan Api. Festival Bandung Lautan Api diadakan untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi ketika jaman penjajahan dulu. Dimana ketika itu, pada tanggal  23 Maret tahun 1946 terjadi kebakaran besar di Kota Bandung.

Pada saaat itu sekitar dua ratus ribu warga Bandung membakar rumahnya dengan tujuan untuk mencegah tentara sekutu menempati kota Bandung sebagaibasis pertahanan militernya.

Setelah membakar rumahnya, warga Bandung kemudian bersama-sama menuju pegunungan. Kejadian yang membumi hangusakan Kota Bandung tersebut berlangsung selama tujuh jam.

Sebagai bentuk penghormatan warga Bandung kepada para pahlawan dan juga warga Bandung pada saat itu, maka diadakanlah Festival Bandung Lautan Api setiap tahun.

Dalam acara ini, warga akan mengenang sejarah kelam Kota Bandung yang dikemas dengan sebuah festival yang meriah. Acra yang ada dalam Festival Bandung Lautan Api tersebut bermacam-macam.

Mulai dari Teatrikal peristiwa Bandung Lautan Api, Pameran, Bedah Buku, dan juga pawai obor akan turut memeriahkan Festival Bandung Lautan Api tersebut. Rangkaian acara tersebut dibuat bukan hanya untuk menghibur warga Kota Bandung.

Namun juga bertujuan untuk memberi edukasi pada warga bahwa warga Kota Bandung pada tahun 1946 rela menyerahkan seluruh harta dan nyawanya demi menjaga keutuhan Negara Indonesia dan juga demi anak cucunya di kemudian hari nanti.

Beberapa keseruan ini dapat ditemukan pengunjung ketika mnghadiri Festival Bandung Lautan Api.

Pawai Obor Selalu Diadakan Satu Tahun Sekali

Tujuan dari diadakannya Festival Bandung Lautan Api adalah untuk memperingati dan juga menghargai aksi heroic warga Bandung dalam menjaga dan memperjuangkan NKRI. PENGORBANAN WARGA Bandung tersebut oleh generasi saat ini dii peringati dengan Festival Bandung Lautan Api.

Di Karenakan untuk mengingat sejarah, maka festival ini di adakan ketika tanggal kejadian tersebut. Untuk Bandung Lautan Api, Pemerintah Kota Bandung mengadakannya setiap tanggal 23 Maret.

Jadi calon wisatawan yang ingin ikut menikmati betapa mencekamnya  perstiwa Bandung Lautan Api pada masa itu,maka dapat menikmati Teatrikalnya setiap tanggal 23 Maret. Dalam aksi teatrikal tersebut, penonton akan dijak merasakan kesedihan dan juga suasana tegang yang terjadi pada malam 23 Maret tahun 1994.

Aksi Teatrikal Bandung Lautan Api

Bandung Lautan Api. Tanggal 23 Maret 1946, Kolonel Abdul Haris Nasution memerintahkan evakuasi kota Bandung

Untuk menambahkan kesadaran masyarakat akan hebatnya perjuangan dan kebersamaan warga Kota Bandung pada saat itu, maka ketika acara Festival Bandung Lautan Api berlangsung, pemerintah bekerjasama dengan panitia untuk mengadakan aksi teatrikal Bandung Lautan Api.

Dengan adanya aksi eatrikal tersebut, maka generasi saat ini akan memahami sejarah dan betapa bangganya mereka dengan nenek moyangnya yang dengan senang hati membumi hanguskan tempat tinggalnya demi keutuhan NKRI. Aksi teatrikal ini biasanya akan dilakukan oleh sekelompok Mahasiswa atau Orang Teater yang telah berlatih bermain permain.

Lomba dan Napak Tilas

Sebagai salah satu Festival tahunan, Pemerintah Kota Bandung juga ingin menjadikan event tahunan ini sebagai wisata edukatif masyarakat Bandung. Untuk membuat event ini sebagi wisata edukatif, maka Pemerintah menyiapkan beberapa acara untuk menambah wawasan masyarakat.

Salah satu acaranya adalah Napak Tilas peristiwa Bandung Lautan Api dan juga beberapa Lomba yang dapat diikuti oleh Pengunjung. Napak Tilas dibuat dengan tujuan agar warga Kota Bandung tidak lupa akan kisah heroic warga Kota Bandung pada masa itu, agar setiap tahun ingat dengan kejadian kelam tersebut.

Selain napak tilas ada juga beberapa Lomba yang diadakan. Sehingga selain untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari. Festival Bandung Lautan api juga dapat dijadikan sebagai media mengasah kemampuan. Festival Bandung Lautan Api sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata Keluarga.

Pawai Obor

Festival Bandung Lauan Api sangat dikenal oleh warga Kota Bandung. Kejadian ini setiap tahun diperingati dengan beberapa kegiatan positif yang diadakan Pemerintah. Seperti yang terjadi pada Festival Bandung Lautan Api Tahun 2017, pemerintah bersama warga Kota Bandung mengadakan Kegiatan Pawai obor

Pawai Obor

Kegiatan ini diadakan untuk mengenang pembumi hangusan 200.000 rumah warga Kota Bandung oleh Api. Kegiatan pawai Obor tersebut dilakukan oleh seluruh jajaran pemerintah Kota Bandung bersama warga. Acara Pawai Oboro Festival Bandung Lautan Api dimulai dengan menyalakan obor di Lapangan Tegalega Bandung, dan kemudian berakhir di Balai Kota Bandung.

Acara tersebut dimulai pukul 19.00 WIB dan kemudian berakhir pada pukul 20.30 WIB. Bukan hanya menyalakan obor saja. kegiatan Pawai Obor juga dimeriahkan oleh warga dengan cara membuat lampion-lampion unik untuk diterbangkan ke Langit.

Selain itu warga juga mengenakan kostum-kostum kreatif agar semakin menambah seru acara pawai Obor Festival Bandung Lautan Api. Di puncak acara warga akan disuguhidengan aksi teatrikal sebuah kelompok peran untuk menggambarkan suasana mencekam peristiwa Bandung Lautan Api.

Pelaku Sejarah hadir di Teatrikal Bandung Lautan Api

Beberapa keseruan diatas hanya sebagian dari rangkaian acara Festival Bandung Lauan Api. Masih terdapat banyak acara-acara Lain yang tak kalah seru yang dapat ditemukan di Festival Bandung Lautan Api.

Disamping keseruan yang terjadi pada festival Bandung Lautan Api, tentunya acara ini mengingatkan seluruh warga Kota Bandung dan juga seluruh masyarakat Indonesia, betapa besar perjuangan warga Kota Bandung pada tanggal 23 Maret tahun 1946 dalam mempertahankan tanah air tercinta.

Dengan rela membakar rumah sendiri dan kemudian pergi ke daerah pegunungan, warga kota Bandung berhasil memblokade penjajah dan menggagalkan rencananya dalam menjadikan Kota Bandung sebagai Basis pertahanan militer.

Oleh karena itu, sebagai warga Negara yang baik dan warga Negara yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, maka sudah sepantasnya eneras-generasi saat ini mengisi peringatan Bandung Lautan Api dengan kegiatan-kegiatan yang positif seperti adanya acara Festival Bandung Lautan Api.

Festival Bandung Lautan Api juga dapat dijadikan masyarakat sebgai penginga agar tidak melupakan sejarah kota Bandung tersebut.

Share