Lima Museum di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bertolak ke Jogja bisa jadi bukan sebuah kesempatan yang sering Anda dapatkan. Apalagi kalau tujuannya untuk liburan. Maka dari itu, memaksimalkan waktu liburan di Jogja adalah hal wajib. Nah, kalau Anda sudah menikmati wisata kuliner dan wisata alam seperti di pantai, sekarang coba yuk mode wisata lain, yaitu berkunjung ke museum unik yang ada di Jogja. Di mana saja? Kami akan menyarankan lima museum di Jogja berikut yang pasti akan membuat Anda tercengang sekaligus tetap terhibur.

1. Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu - Sumber: galleryprawirotamanhotel.com

Museum Ullen Sentalu – Sumber: galleryprawirotamanhotel.com

Letaknya berada di area kaki gunung Merapi. Museum satu ini menampilkan budaya dan kehidupan milik bangsawan DInasti Mataram lengkap dengan koleksi batik baik yang bercorak Yogyakarta maupun corak Solo. Tampila raja beserta permaisurinya tampak dari pakaian yang dipamerkan di museum. Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku yang berarti bahwa nyala lampu blencong adalah petunjuk bagi manusia dalam melangkah serta meniti kehidupan.

Museum ini buka setiap hari dengan jam buka Senin-Jumat adalah 08.00 hingga 16.00 WIB sedangkan akhir pekan 08.30 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk yang dipatok untuk wisatawan domestik adalah Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak usia 5 hingga 16 tahun. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, dikenakan biaya Rp 50.000 untuk dewasa dan Rp 30.000 untuk anak-anak.

2. Museum Affandi

Museum Affandi - Sumber: affandi.org

Museum Affandi – Sumber: affandi.org

Alternatif lain di daftar lima museum di Jogja yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Affandi. Museum ini menampilkan keseluruhan bagian kehidupan seorang maestro lukis, Affandi. Letaknya ada di jalan Adisutjipto, benar-benar di tepi sungai Gajah Wong.

Di sini Anda bisa melihat karya-karya besar dari Sang Maestro semasa hidup beserta karya dari pelukis lain yang ditampungnya di museum ini. Bukan hanya lukisan, Anda juga bisa melihat kendaraan yang digunakannya dulu hingga rumah semasa hidupnya yang kini sudah berubah menjadi sanggar lukis anak. Kabarnya, sang maestro juga disemayamkan di museumnya sendiri.

Museum ini buka dari hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuk untuk anak-anak adalah Rp 10.000 sedangkan orang dewasa Rp 20.000. Khusus untuk wisatawan mancanegara, HTM yang berlaku adalah Rp 50.000 per orang. Anda juga akan dikenakan biaya tambahan ketika membawa kamera baik kamera DSLR maupun kamera HP untuk memotret suasana dalam museum.

3. Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta - Sumber: tourtraveljogjakarta.com

Kraton Yogyakarta – Sumber: tourtraveljogjakarta.com

Tak lengkap rasanya jika sudah berada di Jogja tapi belum masuk ke area Kraton Yogyakarta. Berkunjunglah ke Kraton Yogyakarta yang letaknya hanya di selatan alun-alun utara. Di sini Anda bisa sekadar melihat koleksi bersejarah Kraton Yogyakarta mulai dari lukisan, benda pusaka, hingga kereta kencana. Anda juga diperbolehkan berfoto namun harus membayar tiket izin mengambil gambar sebesar Rp 1.000 per kamera yang dibawa.

Selain itu Anda juga berkesempatan melihat pagelaran seni yang ditampilkan para abdi dalem. Pagelaran seni ini ditampilkan setiap hari mulai dari pukul 09.30 WIB dengan jenis pagelaran yang berbeda setiap harinya.

Kraton Yogyakarta ini dibuka untuk umum mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB dengan harga tiket masuk wisatawan lokal Rp 7.000 dan wisatawan internasional RP 12.500. Jika Anda membutuhkan jasa guide Anda bisa menyewa dengan membayar Rp 30.000 saja.

4. De Arca Museum

Patung di De Arca Museum - Sumber: gayahidup.dreamers.id

Patung di De Arca Museum – Sumber: gayahidup.dreamers.id

Museum satu ini masih terbilang baru di Jogja. Konsepnya hampir sama dengan Madam Tussaud yang menampilkan patung-patung dari orang-orang terkenal dan berpengaruh. Berbeda dengan Madam Tussaud yang menampilkan patung dari lilin, patung-patung di De Arca Museum ini menggunakan bahan utama resin.

Ada tiga zona besar di sini yaitu Zona Nasional, Zona Presiden Dunia, serta Zona Tokoh Dunia. Sudah bisa dipastikan, ajang foto jadi kegiatan utama wisatawan yang bisa dilakukan di sini. Inilah museum yang relatif fun dibandingkan dengan museum lainnya yang mungkin masih kental dengan suasana sejarah. De Arca Museum buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 50.000 per orang atau Rp 80.000 jika Anda ingin melakukan tur terusan ke Museum De Mata Trick Eye.

5. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monjali - Sumber: flickr.com

Monjali – Sumber: flickr.com

Monumen ini dibangun guna mengenang peristiwa sejarah Indonesia, khususnya peristiwa pertempuran Serangan Umum 1 Maret. Bentuknya yang seperti gunung menyiratkan makna pelestarian budaya nenek moyang. Di area monumen, Anda bisa melihat benda-benda bersejarah mulai dari lukisan, baju, senjata mesin beroda, hingga replika Pesawat Cureng dan Pesawat Guntai.

Arsitektur monumen ini juga cukup unik dengan kolam yang menglilingi bangunan utama. Suasana sejarah di lokasi ini memang cukup kental dan bisa jadi destinasi tepat jika mengajak putra dan putri Anda berwisata. Monjali buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dengan harga tiket masuk yang relatif murah yakni Rp 10.000 per orang.

Itu dia lima museum di Jogja yang wajib Anda kunjungi kalau sedang berlibur ke Kota Gudeg. Bukan sekadar senang-senang, liburan di museum ini juga akan memberi informasi dan pengalaman berbeda dari liburan orang kebanyakan. Yuk kita ke museum!

Share