Kemeriahan Festival Istana Untuk Rakyat Bogor

Hari ulang tahun sebuah kota merupakan sebuah hari yang paling di tunggu-tunggu banyak orang. Tak terkecuali warga Kota Bogor. Setiap tahun warga Kota Bogor merayakan Hari Ulang Tahun Kota Bogor.

Event satu tahun sekali tersebut dijadikan warga Kota Bogor sebagai hari bersuka cita. Banyak kegiatan-kegiatan seru dan menarik untuk memperingati hari jadi Kota Bogor.

Salah satu festival yang banyak diminati warga Kota Bogor adalah Festival Istana Untuk Rakyat (Istura).

Festival ini merupakan salah satu rangkaian acara Hari Ulang Tahun Kota Bogor, dimana dalam acara tersebut Pemerintah Kota Bogor, beserta Istana Kepresidenan Bogor membuka istana agar dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Istana Kepresidenan yang merupakan kediaman orang nomor satu di Indonesia tersebut dalam setahun sekali selalu mengadakan Open House untuk masyarakat umum.

Tujuannya adalah agar masyarakat umum lebih mengetahui bagian-bagian istana serta sejarah presiden Republik Indonesia. Dalam event tersebut warga tidak dikenakan biaya sepeser pun.

Bagi siapa saja yang ingin mengunjungi Istana Bogor, hanya perlu mendaftar di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor.

Cara mendaftarnya pun dapat melalui sambungan telepon ataupun secara daring.

Hal tersebut dilakukan oleh panitia acara agar warga di luar kota Bogor dapat turut merasakan petualangan di dalam Istana Kepresidenan Indonesia.

Banyak sekali keuntungan-keuntungan dan keistimewaan dalam Festival Istana Untuk Rakyat, terutama peningkatan okupansi hotel di Bogor secara signifikan selama durasi festival.

Biaya Festival Istana Untuk Rakyat Bogor

Merupakan salah satu rangkaian acara Hari Ulang Tahun Kota Bogor, maka Festival yang diadakan pemerintah setempat tidak dipatok tariff masuk sepeser pun.

Tujuannya adalah agar seluruh lapisan masyarakat dapat turut menikmati kemeriahan Festival Untuk Rakyat Bogor sehingga festival tersebut akan benar-benar terkesan sebagai pesta rakyat.

Akan tetapi karena acara tersebut gratis, maka calon pengunjung harus segera mendaftarkan diri sebagai peserta tour Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Pendaftaran untuk Festival Istana Rakyat

Menjadi salah satu event tahunan Kota Bogor, maka festival Istana Untuk Rakyat memiliki banyak sekali peminat maupun pengunjung yang ingin datang ke acara tersebut.

Oleh karena hal tersebut, pemerintah bersama panitia kegiatan memberlakukan system Registrasi atau system pendaftaran bagi siapa saja yang ingin menikmati kunjungan di dalam istana kepresidenan Indonesia.

Hal tersebut untuk mempermudah Pemerintah melihat seberapa antusias masyarakat dalam menanggapi adanya Festival Istana Untuk Rakyat tersebut.

Selain itu, system pendaftaran diberlakukan untuk mengatur berapa jumlahpengunjung yang dapat masuk Istana pada setiap sesinya. Oleh karena itu, untuk menghindari antrian dan urutan masuk yang terlalu lama, maka calon pengunjung wajib cepat-cepat datang ke tempat pendaftaran untuk mendaftarkan diri sebagai peserta tour.

Biasanya Panitia acara akan menyiapkan beberapa tempat sebagai tempat pendaftaran.

Tempat yang paling sering dijadikan tempat pendaftaran Festival Istana Rakyat adalah Gedung Kemuning dan juga Kantor Disbudparekraf Kota Bogor.

Perlu di ingat lagi, pendaftaran Festival untuk Rayat ini terbuka untukmasyarakat umum, dan tidak hanya terbatas untuk rakyat Kota Bogor saja.

Destinasi Museum di Bogor

Salah satu festival tahunan yang banyak menyedot perhatian warga Kota Bogor dan juga masyarakat Indonesia ini memang memiliki banyak sekali keuntungan.

Banyak kegiatan-kegiatan gratis yang dapat dinikmati warga yang berkunjung ke Festival Rakyat tersebut. Di karenakan tidak adanya tariff masuk, maka warga berbondong-bondong untuk turut merayakan Hari Jadi Kota Bogor tersebut.

Selain Gratis masuk ke istana Kepresidenan, festival ini juga memberikan fasilitas gratis masuk ke Istana Bogor dan juga beberapa museum yang ada di Kota Bogor.

Setelah puas menikmati kemegahan Istana Kepresidenan Republik Indonesia, maka pengunjung dapat menyejukkan dan menenangkan diri di Kebun Raya Bogor.

Suasana Kebun Raya Bogor yanghijau dan asri akan membuat para pengunjung yang ada merasa rileks. Selain itu di Kebun raya Bogor ini terdapat beberapa hewan seperti rusa yang dibiarkan hidup di area Kebun Raya Bogor.

Setelah merasa segar karena beristirahat diKebun Raya Bogor, maka warga juga akan di ijinkan masuk ke beberapa museum yang ada di Kota Bogor.

Museum-museum tersebut diantaranya adalah Museum Balai Kirti yang merupakan Museum yang memiliki patung ke-enam Presiden yang pernah menjabat di Indonesia, lalu Museum Alam Indonesia, Museum Peta, Museum Perdjoeanagan, dan Museum Zoologi Kota Bogor.

Tentunya untuk memasuki museum-museum tersebut Panitia Festival sama sekali tidak memungut biaya apapun yang dapat memberatkan masyarakat.

Bagi pengunjung yang memiliki putera maupun puteri di bawah umur, maka berkunjung ke Festival Istana Rakyat Bogor dapat menjadi salah satu media pembelajaran terbaik.

Waktu Open-House Festival Istana Rakyat di Bogor

Festival Istana Rakyat Bogor merupakan salah sau event yang ramai pengunjung, maka panitia mengatur acara kunjungan dengan waktu yang terbatas.

Hal tersebut mengingat, bila waktu kunjungan yang diberikan oleh panitia acara terlalu lama, maka akan dapat sedikit menghambat kegiatan kepresidenan yang diadakan di Lingkungan Istana Presiden.

Biasanya waktu yang di sediakan oleh panitia adalah sekitar lima hari. Misalnya saja untuk Festival Istana Rakyat Bogor Tahun 2017, panitia menetapkan waktu kunjungan ke Istana antara tanggal 24, 25, 26, 27, dan 28 Juli 2017.

Dengan waktu kunjungan yang lumayan panjang tersebut, maka warga harus segera mendaftarkan diri kepada petugas di Lokasi-lokasi pendaftaran yang telah di sediakan panitia.

Waktu Open-house selama lima hari akan menjadi waktu yang sangat panjang untuk memberikan edukasi kepada keluarga dan juga saudara mengenai sejarahkepresidenan Republik Indonesia.

Peraturan-peraturan yang wajib ditaati selama Festival

Festival Istana Rakyat yang menjadi acara meriah di Hari Ulang Tahun Kota Bogor, sangat banyak peminat.

Mulai dari warga di kawasan Jabodeabek maupun warga yang berasal dari luar pulau jawa ingin sekali dapat berkunjung ke Istana Kepresidenan Indonesia.

Beberapa aturan yang harus ditepati olehpengunjung diantaranya adalah : harus berpakaian rapid dan sopan, tidak diperkenankan membawa tas selama kegiatan tour berlangsung, tidak boleh memakai celana Jeans, dan tidak boleh mengenakan Sandal.

Peraturan-peraturan yang dibuat tersebut harus dipatuhi oleh pengunjung. Karena apabila calon pengunjung terkesan rapid dan sopan maka apabila sewaktu-waktu bertemu dengan Pejabat pemerintahan, atau bahkan bertemu Presiden Republik Indonesia, maka warga yang berkunjung tersebut terlihat rapi dan enak untuk dipandang.

Beberapa hal diatas adalah keuntungan-keuntungan dan juga keistimewaan yang di dapat pengunjung ketika datang di Fesival Rakyat Bogor.

Menjadi salah satu festival tahunan kota Bogor yang ramai, maka festival ini memberikan berbagai kegiatan unik yang menjadi daya tarik pengunjung.

Selain itu, kebijakan Pemerintah dan panitia yang tidak mematok tariff sedikitpun kepada pengunjung, juga menjadi salah sati daya tarik tersendiri.

Banyak sekali manfaat yangdapat diambil dari kegiatan tersebut. Mulai dari manfaat edukasi bagi keluarga dan saudara, acara ini uga dapat menjadi salah satu ikon wisata Kota Bogor.