Jet Lag? No Way! Asal Tahu Triknya

Jet lag adalah kondisi gangguan bio-rhythmic jam metabolisme tubuh atau bahasa awamnya adalah perubahan jam biologis tubuh.

Sebagai contoh, perubahan secara mendadak dari yang biasa anda mulai tidur jam sembilan maka ketika kondisi jet lag, anda akan tidur jam dua malam atau bahkan tidak bisa tidur samasekali.

Ini akan dialami oleh seseorang yang melakukan perjalanan dari suatu daerah ke daerah lain yang memiliki zona waktu yang jauh berbeda. Kondisi seperti ini tentu sangat menganggu dan penderitanya dibuat begitu lelah.

Ini sangat tidak nyaman untuk para traveller yang ingin menikmati liburan. Nah, bagaimana caranya agar kita tetap nyaman berwisata ke negeri nun jauh disana, tanpa mengalami jet lag yang parah? Yuk, ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Sempatkan Istirahat Sebelum Pergi

Sebelum berangkat, perbanyaklah waktu istirahat. Memang, biasanya jika kita ingin travelling ada saja yang kita lakukan di hari-hari terakhir menjelang berangkat. Persiapan seolah tidak ada habisnya dan tidak pernah cukup.

Terkadang, besok pagi sebelum berangkat, jam 11 malam kita masih keluyuran mencari barang-barang persiapan berangkat. Nah, sebaiknya, mulai sekarang persiapkan deh perlengkapan liburan, jangan mendadak-mendadak.

Wrist-Watch-On-Arm-image2. Sesuaikan Jam Pribadi Anda

Karena jet lag adalah keadaan yang berhubungan erat dengan masalah perbedaan waktu antara tempat asal kita dengan negara tujuan, maka hal pertama yang Anda harus lakukan adalah menyesuaikan zona waktu negara tujuan tersebut.

Cobalah seting jam tangan Anda dengan zona waktu negara tujuan, agar terbiasa. Sehingga mulai dari tiba hingga meninggalkan tempat tersebut, otak anda akan terbiasa dengan jam waktu setempat.

3. Konsumsi Suplemen Bila Perlu

Sebelum pergi, Anda bisa menemui dokter Anda untuk meminta vitamin atau suplemen supaya mengurangi jet lag.

Atau Anda meminta suplemen yang dapat membuat Anda mengantuk saat tidak bisa tidur di pesawat atau di hotel ketika Anda sudah tiba di negara tujuan. Ingat, jangan membeli suplemen tersebut tanpa resep dokter. Konsultasikan dulu dengan tenaga medis mengenai suplemen ini.

4. Atur Pola Makan

Jaga dan atur pola makan Anda sebelum bepergian. Hindari mengkonsumsi makanan pedas atau makanan yang mengandung asam sebelum berangkat agar tidak mengalami gangguan pencernaan. Hindari juga minuman berkafein karena minuman berkafein akan menganggu pola tidur Anda.

5. Tambah Cairan Tubuh Anda

Perjalanan jauh yang Anda tempuh dengan pesawat terbang akan membuat Anda mengalami dehidrasi karena udara dalam pesawat itu kering.

Dehidrasi dapat memicu stres dan inilah yang mengakibatkan jet lag yang lebih parah. Karenanya, perbanyaklah minum air putih selama perjalanan untuk mencegah dehidrasi.

6. Segera Ubah Jam Anda dengan Waktu Setempat

Jika Anda sudah berlatih di tanah air dengan perubahan jam negara tujuan, harusnya Anda sudah tidak kaget lagi dengan jam tiba Anda di negara tersebut.

Sebelum landing biasanya pramugari akan memberi tahu jam setempat dan menyarankan Anda segera mengubah jam tangan Anda. Dengan mengubah jam dengan waktu setempat, tubuh otomatis akan menyesuaikan dan stres akan terminimalisir.

berjemur7. Segera Mencari Sinar Matahari

Cobalah bersahabat dengan matahari setempat. Biarkan sinarnya menyentuh kulit Anda sehingga tubuh Anda dapat segera menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru.

8. Sebaiknya Jangan Langsung Tidur

Hindari langsung tidur di tempat tujuan ketika Anda tiba, kecuali jika Anda tiba malam hari. Cobalah tetap terjaga. Jika sudah sampai hotel, mandilah dengan air hangat dan keluar kamar dan jalan-jalan disekitar hotel.

Kebiasaan seperti ini baik sekali untuk menyesuaikan diri dengan tempat dan waktu yang baru. Kemudian, tidurlah pada waktunya. Dengan begini, kemungkinan Anda mengalami jet lag berlebihan saat liburan akan minim.

night-rating9. Pilihlah Penerbangan Malam

Jika Anda terbang sendiri (tanpa tour and travel) usahakan memilih perjalanan malam. Tips ini sangat disarankan karena Anda bisa mempergunakan waktu selama di pesawat itu untuk tidur.

Selain tidak terasa penerbangannya karena Anda tidur, juga tubuh akan segar esok harinya ketika tiba di negara tujuan.

Itu tadi beberapa tips untuk mengatasi jet lag. Memang jet lag yang dialami orang akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi tubuh dan seberapa sering orang tersebut melakukan perjalanan.

Semoga tips diatas dapat berguna sehingga tidak mengganggu waktu liburan Anda. Selamat berlibur!

Share