Dusun Bambu Bandung

Kota Bandung memang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak pariwisata menarik yang tak pernah habis untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wisata kuliner dapat mudah anda temukan di Kota Bandung.

Bagi anda yang ingin mencari objek wisata alam menarik untuk berlibur bersama keluarga di Kota Bandung, mengapa anda tak mencoba untuk mengunjungi Dusun Bambu Bandung yang berada di daerah Lembang.

dusun bambuObjek wisata ini dapat menjadi alternative wisata keluarga yang menyenangkan serta menawarkan kenyamanan dan ketenangan bagi anda yang ingin melepas penat dari pekerjaan sehari hari.

Dusun Bambu ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kota Bandung bagian utara, tepatnya di kaki gunung Burangrang, Cisarua, Bandung. Karena letaknya yang berada di kaki pegunungan, maka keindahan alam nya masih sangat alami dan terjaga dengan baik.

Bahkan udara di tempat ini benar benar sejuk, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Tak hanya dapat menikmati wisata alamnya saja, anda juga bisa menikmati wisata kuliner dan belanja bersama keluarga.

Fasilitas Di Dusun Bambu

Meskipun objek wisata ini masih cukup baru, namun Dusun Bambu sudah memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan untuk pengunjung yang datang. Mulai dari restaurant, villa, pasar khatulistiwa, tegal pangulinan, dan masih banyak lainnya.

Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan di tempat ini, mulai dari bersepeda sambil menikmati sejuknya udara serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, disini anda bisa menikmati wisata kuliner dengan rasa yang begitu lezat.

Disini terdapat tiga tempat kuliner yang patut anda coba, seperti Pasar Khatulistiwa, Restauran Purbasari, dan Café and Resto Burangrang. Di Bungrarang resto, anda bisa menikmati makanan dan minuman dengan pemandangan terbuka yang sangat indah. Disini tersedia berbagai layanan mulai dari Luncheon, Family Ghatering, serta corporate training.

dusun bambu garden

Atau anda juga bisa sekedar menikmati badrek atau kopi hangat. Bagi anda yang ingin menikmati makanan dengan sensasi di dalam sangkar burung, anda bisa mencoba datang ke Lutung Kasarung.

Namun jika anda ingin menikmati kuliner khas Sunda gaya lesehan, anda bisa datang ke Purbasari restaurant yang letaknya berada di tepian danau.

Sehingga membuat momen makan siang anda menjadi lebih mengesankan. Anda bisa menempuh perjalanan dengan jalan kaki atau menaiki perahu kecil menuju purbasari restaurant ini.

Bagi anda yang ingin bermalam, di area Dusun Bambu ini juga menyediakan berbagai macam penginapan mulai dari Villa Dusun Bambu dan penginapan lainnya dalam berbagai tipe pilihan. Tariff per malamnya di Villa Dusun Bambu ini memang cukup terjangkau.

Dengan konsep yang natural serta pedesaan, membuat suasana villa dusun bambu ini cukup tenang dan sejuk. Atau anda ingin menginap dengan sensasi berkemah, di Dusun Bambu juga tersedia lahan bagi anda yang ingin mendirikan tenda-tenda kemah. Anda bisa bermalam di areal kamping yanga dai kaki pegunungan dengan tatanan yang sangat sensasional.

Eagle Camping Ground ini merupakan bangunan tenda yang sudah disediakan sleeping bad dengan kapasitas 6 orang, bahkan juga sudah tersedia fasilitas kamar mandi di dalamnya.

Untuk sewa kamar tenda ini berkisar 1.4 juta rupiah. Sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba sensasi menginap dengan pemandangan terbuka.

Selain itu, anda juga bisa berbelanja oleh-oleh karena tersedianya pusat belanja oleh-oleh khas Bandung. Mulai dari pasar khatulistiwa yang merupakan pasar tradisional di area dusun bamboo dengan cita rasa swalayan.

Disini tersedia beragam jajanan khas tradisional dan souvenir yang bisa anda beli untuk oleh-oleh di rumah.
Bahkan bagi anda yang membawa anak-anak, disini juga tersedia area bermain yang ditujukan untuk segala dengan beragam permainan yang seru dan menarik.

Akses Menuju Tempat Wisata

Lokasi dari Dusun Bambu sendiri berada di Jl. Kertawangi, Cisarua, Bandung. Untuk dapat sampai ke tempat ini, ada beberapa rute yang bisa anda pilih antara lain adalah:

  • Tol Padalarang – Cimahi – Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Pasteur – Ledeng – Jl. Sersan Sodik – Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Pasteur – Ledeng – Lembang – Jl. Kolonel Masturi

Sesampainya di Dusun Bambu, disini tersedia 2 area parkiran utama. Sehingga jika gerbangd ari parkir I sudah penuh, maka pengunjung yang datang akan diarahkan menuju gerbang parkir II.

Untuk lokasi gerbang pakir II sendiri berada di sebelah atas, sehingga nantinya anda harus melalui turunan dan tanjakan. Sehingga pastikan jika kondisi kendaraan memang baik karena banyaknya kendaraan yang tiba-tiba sering mogok di area ini.

Dari gerbang parkir II ini nantinya wisatawan akan diarahkan menuju loket pembelian tiket dengan menggunakan kendaraan khusus atau ontang anting.

Nantinya dari lokasi pembelian tiket, wisatawan akan diantarkan menuju tempat-tempat yang diinginkan dengan menggunakan kendaraan tersebut. Ada peraturan yang perlu anda ketahui di tempat ini adalah pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar menuju lokasi Dusun Bambu.

pondok dusun bambu

Kegiatan Menarik Di Dusun Bambu

Banyak kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di Dusun Bambu Lembang ini. Tak hanya menikmati alam saja, disini anda juga bisa mencoba untuk jalan-jalan ataupun jogging karena lokasi disini terbaik dan pastinya memiliki udara yang sehat untuk dihirup.

Selain itu, anda juga bisa mencoba untuk bersepeda di area Dusun Bambu ini. meskipun kegiatan bersepeda sudah wajar didaerah perkotaan, namun anda akan merasakan sensasi yang berbeda di Dusun Bambu ini.

Objek Wisata Lainnya Di Sekitar Dusun Bambu

Berlibur di Dusun Bambu tak hanya membuat anda hanya dapat menikmati area itu saja, anda juga bisa mencoba untuk mengunjungi objek wisata lainnya yang berada di sekitaran Dusun Bambu. Akses menuju objek-objek wisata tersebut pun juga mudah dan bahkan tak terlalu jauh. Banyak objek wisata populer lainnya yang ada mulai dari,

  1. Kampung Gajah Wonderland
  2. Sapu Lidi Resort
  3. Curug Cimahi
  4. Natural Hot Spring Resort
  5. Cikole Jayagiri Resort
  6. Floating Market
  7. Wisata Kuliner Kampung Daun
  8. Farm House
  9. Kampung Sampireun
  10. Taman Begonia
  11. Dan masih banyak lainnya.

Untuk jam operasionalnya sendiri, Dusun Bambu Bandung ini buka setiap harinya dari Senin hingga Minggu dari pukul 8 pagi hingga 9 malam. Untuk tiket masuknya sendiri cukup murah, hanya sekitar 15 ribu rupiah/orang dan gratis untuk anak-anak dibawah usia 3 tahun.

Untuk parkir kendaraan mobil dikenai biaya 10 ribu rupiah sedangkan parkir kendaraan roda dua sekitar 5000 rupiah.

Tak hanya bisa dijadikan alternative berlibur bersama keluarga, Dusun Bambu juga bisa dijadikan tempat sebagai acara-acara penting lainnya mulai dari pernikahan, ghatering kantor, dan lainnya. Anda bisa langsung menghubungi kontak yang tersedia disana.

Meskipun objek wisata ini masih baru, namun Dusun Bambu Bandung sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berlibur jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Selain itu tak perlu biaya yang mahal agar anda bisa menikmati liburan yang menyenangkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Share