keelokan kali biru

Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu menjadi daerah tujuan wisata setiap tahunnya. Hal tersebut dikarenakan Yogyakarta memiliki banyak sekali tujuan tempat wisata dengan jenis wisata yang berbeda-beda.

Ada wisata budaya, wisata bahari, wisata alam, wisata religi, wisata sejarah ataupum wisata kuliner. Semua jenis wisata lengkap ada di wilayah Yogyakarta ini.

Termasuk lokasi wisata yang masuk dalam wisata alam ini. Dengan pemandangannya yang indah, kawasan Destinasi Wisata Kalibiru selalu menjadi agenda tetap para wisatawan yang datang.

Banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan di lokasi wisata yang berada tepat diatas waduk sermo.

Tapi alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu rute yang harus kita lalui untuk menuju ke Destinasi Wisata Kalibiru ini.

foto spot di kalibiru

Rute yang pertama ini agak sedikit jauh dan lumayan berat tapi ada kelebihanyang dimiliki oleh rute ini yaitu dimana kita akan menemukan pemandangan paling indah disepanjang jalan.

Seperti yang kita tahu, lokasi wisata yang satu ini berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi jika kita mulai perjalanan dari pusat kota Jogja, kita harus menuju kearah barat untuk menuju Jalan Wates.

Ikuti terus jalan tersebut sampai kita menemukan sebuah jembatan bantar. Jembaran ini merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul.

Setelah perjalanan kita sampai Sentolo, kita bisa belok kekanan dan melewati Pasar Sentolo. Ikuti jalan tersebut sampai kita menemukan perempatan, kemudian kita belok kiri ke arah alun-alun Wates.

Dan kemudian arahkan perjalanan kita ke barat untuk melewati Jalan Wates – Sermo. Kemudian akan bertemu RSUD Wates dan kemudian akan ada pertigaan, disini kita harus belok kanan untuk menuju Waduk Sermo.

Setelah masuk jalan ini, ikuti saja sampai kita menemukan sebuah plang untuk sampai ke Desa Wisata Kalibiru.

Rute yang kedua berbeda dengan rute pertama, dimana kita akan menempuh lebih cepat dan kondisi jalan yang  tidak berat.

bridge walking di kalibiru

Jika kita berangkat dari kota Jogja, kita harus mengambil jalur Sentolo-Pengasih, Perbedaannya adalah saat kita menemukan perempatan, kita harus mengambil jalan ke arah kanan untuk menuju Clereng.

Sesampainya kita di Pasar Kecil Clereng, kita akan menemukan sebuah jembatan dengan jarak 300 meter yang berada di tikungan. Setelah melewati jembatan, 20 meter kedepannya akan kita temukan sebuah plang kecil.

Plang ini akan memberi kita sebuah petunjuk dimana kita harus membelokkan kendaraan kita ke arah kiri agar bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Wisata Kalibiru.

Setelah mengetahui rute yang bisa kita lalui untuk bisa menuju Destinasi Wisata Kalibiru, langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dan direncanakan sebelum memulai perjalanan kita. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Pertama, kamu harus terlebih dahulu memesan 1 unit penginapan yang ada Desa Wisata Kalibiru ini. Minimal kamu harus memesannya 1-2 minggu sebelumnya.

desa wisata kalibiru

Karena lokasinya yang lumayan jauh, kita disarankan untuk menginap di lokasi wisata ini. Perjalanan yang jauh dan melelahkan bisa menjadi kendala kita saat perjalanan pulang, apalagi jika kita melewati malam hari di jalan raya.

Harga sewa dari tempat penginapan di lokasi ini mulai dari Rp. 250.000 permalam. Dimana tempat menginap berupa bangunan yang terbuat dari kayu.

Kedua, seperti yang sudah dikatakan diatas, perjalanan akan sangat berat, dan ini artinya kita harus mempersiapkan 2 hal, tubuh dan kendaraan kita. Pastikan tubuh kita dalam keadaan fit saat memulai perjalanan ini.

Kemudian cek kendaraan kita, karena medan yang ditempuh lumayan berat dengan kondisi jalan yang menanjak.

Jangan lupa untuk membawa bekal makanan selama diperjalanan ini terlebih waktu tempuh yang lumayan lama.

Ketiga, jangan dikira di jalan-jalan di wisata Kalibiru ini seperti jalanan mulus beraspal seperti jalanan depan rumah kita.

Dengan jalanan yang menanjak serta curam, jangan gunakan alas kaki yang sekiranya sulit digunakan, seperti high heels.

Jika perlu gunakan sendal saat berjalan-jalan di lokasi wisata ini atau gunakan sepatu santai agar acara jalan-jalan kita di lokasi ini menjadi nyaman.

Keempat, pastikan kondisi baterai peralatan foto kamu dalam keadaan penuh. Karena akan sulit menemukan tempat untuk mengisi dayanya.

Karena akan banyak sekali spot keren di lokasi wisata ini yang layak untuk menjadi latar belakang hasil foto kita.

Walaupun begitu, ada beberapa spot foto yang dikenakan biaya. Hal ini dikarenakan spot-spot tersebut sengaja dibuat oleh pihak pengelola.

Jadi apa saja yang bisa kita lakukan di lokasi wisata Kalibiru ini?

Melihat Pemandangan Alam dari Menara Pandang

Agar kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah di lokasi wisata ini, kita bisa naik ke Menara Pandang. Menara ini merupakan 1 batang pohon pinus yang berdiri kokoh di tepian jurang.

Agar kita bisa naik sampai ketinggian dari pohon inisudah ada dipasang sebuah tangga gantung yang terbuat dari papan kayu.

Sesampainya kita diatas, kita akan bisa melihat pemandangan luar biasa dari Pegunungan Menoreh serta Waduk Sermo yang berada di kakinya. Kesegaran alam di lokasi wisata ini tentunya akan membuat kita lupa akan rutinitas kita sehari-hari.

Agar bisa melihat keindahan panorama senja di lokasi Menara ini, kita bisa berkunjung pada sore harinya. Sore hari memang sangat tepat untuk bisa melakukan hal tersebut.

Melakukan Flying Fox dan High Rope

Bukan pemandangannya saja yang indah, di Destinasi Wisata Kalibiru ini kita juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya yaitu Flying Fox serta High Rope. Wow sangat menarik bukan?

Karena kita akan meluncur secara perlahan dimana kita sambil menikmati keindahan alam di lokasi tersebut. Jadi Flying Fox disini bukan hanya sekedar menaiki sebuah menara dan meluncur.

Disini perlu usaha kita untuk bisa sampai keatas. Diawal kita terlebih dahulu harus memanjat batu, kemudian meniti jaring-jaring serta diharuskan berjalan diatas seutas tambang dan setelah itu berjalan di atas sebuah jembatan yang terbuat dari kayu.

Dan akhirnya setelah sampai keatas, kita memulai perjalanan turun kembali menggunakan Flying Fox.

Trekking di Lokasi Wisata Kalibiru

Pihak pengelola memang sengaja membuat jalur-jalur bagi wisatawan yang ingin melakukan trekking. Ada beberapa pilihan jalur yang bisa kita lewati. Dari jalur yang sangat mudah sampai dengan yang sulit.

Tidak seperti spot foto yang dikenakan biaya, untuk bisa menggunakan jalur-jalur ini kita dibebaskan dari biaya alias gratis.

Untuk jalur trekking ini memang sengaja dibuat melingkar disepanjang kawasan wisata tersebut. Ada jalur dekat, jalur menengah, dan jalur jauh sampai 5 km perjalanan.

Makin Eksis di Media Sosial dengan Selfie di Spot Foto Kalibiru

keelokan kali biruYup, banyaknya spot foto yang ada di lokasi ini, menjadikan Kalibiru sebagai tempat cocok untuk melakukan kegiatan berfoto ria. Baik itu dilakukan sendiri ataupun beramai-ramai.

Beberapa spot sendiri bisa kita temukan diatas pohon yang memiliki pelataran terbuat dari kayu. Untuk bisa menaiki spot tersebut, kita dikenakan biaya Rp. 15.000 untuk setiap kali kita naik.

Jangan takut untuk bisa naik ketempat spot ini. Karena spot tersebut sudah diberi pengaman plus kitapun dipasangkan alat pengaman untuk menjaga keamanan kita selama diatas.

Bagaimana? Seru bukan berlibur ke Destinasi Wisata Kalibiru ini? Acara liburan kita tentunya akan semakin berkesan di lokasi wisata yang satu ini.

Jika kamu sudah bosan dengan tempat-tempat wisata itu-itu saja yang berada di kota Jogja, Kalibiru bisa menjadi altenatif yang cocok untuk berlibur bersama sahabat ataupun keluarga.

Destinasi Wisata Kalibiru menawarkan wisata yang berbeda dari lokasi wisata lainnya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.