Berapa Ukuran Kamar Hotel

Ada beragam jenis tipe kamar di hotel, mulai dari yang sering digunakan seperti Standard Room, hingga beragam nama tipe hotel yang bisa jadi tidak banyak diketahui, seperti Luxury Sea View Suite. Sebenarnya, apakah ada referensi ukuran kamar hotel yang umum dalam standard hotel?

Berdasarkan Standard Layanan Bintang Hotel

Secara umum, tipe kamar hotel seringkali tergantung dari standard bintang dan segmen pelanggan yang dilayani. Sebagai ilustrasi banyak brand hotel budget bintang 1 dan 2, seperti Pop Hotel hanya menawarkan satu tipe kamar saja, yakni Pop Rooms, karena pelanggan budget hotel seringkali lebih berfokus pada standard layanan umum suatu hotel.

Pop! Room

Sebaliknya hotel luxury collection seperti W Hotel memiliki segmen pelanggan yang sangat detail dalam pemilihan akomodasinya. Selain prestige, banyak hotel mewah mengedepankan keunikan fasilitas dan interior sebagai nilai jualnya.

W Seminyak (5*)

Perbedaan segmen customer menentukan bagaimana kamar hotel akan dibangun, mulai dari eksterior hotel, fasilitas-fasilitasnya, hingga interior kamar hotel.

Sebagai ilustrasi, Fave hotel, salah satu brand Aston memiliki luasan kamar sekitar 20 meter persegi, dimana sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti kamar mandi di dalam, TV LCD, brankas kecil, dan meja kerja.

W Hotel Seminyak dengan standard bintang lima, menawarkan luas kamar sekitar 64 meter persegi, dimana selain luasan kamar, juga terdapat balkon yang cukup luas dengan pemandangan taman atau laut yang seringkali menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu kamar mandinya pun juga dilengkapi dengan bathub, tidak hanya standing shower, sehingga tentu membutuhkan area yang lebih besar.

Fave Room

Berdasarkan Tipe Kamar

Hotel seringkali menawarkan beragam tipe kamar yang berbeda bergantung dari kebutuhan tamu yang dilayani, mulai dari tipe yang paling rendah (seperti Standard atau Superior), hingga yang paling tinggi (seperti Deluxe atau Suite).

Tipe Kamar paling rendah di Hotel

Dahulu, tipe kamar paling rendah di hotel seringkali diberi nama Standard Room atau Superior Room. Namun saat ini banyak brand hotel yang memberikan nama untuk tipe kamar terendah mereka secara khusus, seringkali dengan tujuan untuk memberikan persepsi yang lebih tinggi, contoh:

  • Pop Hotel – Pop Room
  • Fave Hotel – Fave Room
  • Amaris Hotel – Amaris Room
  • Harris Hotel – Harris Room
Harris Room

Tipe kamar paling rendah atau termurah biasanya sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai, bergantung dari tipe hotelnya. Untuk hotel bintang 2, biasanya sudah tersedia coffee maker, kamar mandi dalam, TV, telpon, dan kloset.

Tipe kamar paling tinggi di Hotel

Demikian juga dengan tipe kamar paling tinggi dari setiap hotel seringkali bergantung dari penamaan yang diberikan oleh management masing-masing hotel.

Sebagai contoh, beberapa hotel memberikan fasilitas bathub bagi kamar yang lebih tinggi, namun standing shower untuk tipe kamar dengan standard lebih rendah.

Santika Bintaro – Deluxe Room

Tipe kamar Suite juga secara umum lebih luas dibandingkan dengan tipe kamar biasa, tentu dengan fasilitas yang lebih lengkap, seperti ruang tamu tambahan yang dapat digunakan untuk menerima tamu secara lebih prestige

Santika Bintaro – Suite Room

Beberapa hotel memberikan penamaan yang lebih panjang untuk memperlihatkan beragam fasilitas yang didapat dengan menginap di tipe kamar tersebut.

Berdasarkan Tipe Bed

Secara umum beberapa hotel memiliki dua konfigurasi bed yang berbeda, Double Bed dan Twin Bed.

Double Bed merupakan konfigurasi terdapat satu bed besar untuk dua orang. Konfigurasi ini tentu biasanya lebih disukai oleh tamu yang berpasangan, karena itu hotel yang berada di destinasi honeymoon misalnya seringkali memiliki lebih banyak kamar dengan tipe double bed.

Amaris Room – Double Bed

Twin Bed adalah tipe kamar dengan konfigurasi bed terpisah. Tipe ini biasanya lebih disukai oleh tamu perjalanan bisnis, karena itu banyak hotel di daerah tengah kota atau pusat bisnis memiliki lebih banyak tipe twin bed.

Amaris Room – Twin Bed

Demikian juga berkaitan dengan luas ruangan, kamar twin bed biasanya akan sedikit lebih besar dibandingkan dengan double bed, karena posisi dua bed terpisah tentu membutuhkan ruang gerak yang sedikit lebih besar.

Beberapa luasan tipe kamar yang di beberapa Hotel

Secara umum tidak ada definisi pasti perihal luasan kamar hotel termasuk dibandingkan dengan standard layanan (bintang) ataupun harga. Ukuran kamar biasanya disesuaikan dengan interior design kamar dalam rangka untuk mendorong daya jual dan branding yang dimiliki oleh masing-masing hotel.

Namun demikian, setiap tamu biasanya dapat secara lansung menghubungi frontdesk masing-masing hotel untuk menanyakan secara pasti ukuran dan fasilitas dari tiap-tiap tipe kamar yang dimiliki.

Demikian ulasan kita kali ini perihal Berapa Ukuran Kamar Hotel standard Hotel, semoga membantu anda untuk dapat menikmati liburan secara lebih meriah!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *