loading

Pura Tirta Empul, Bali

Satu lagi destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bali adalah Pura Tirta Empul. Pura ini merupakan salah satu pura Hindu yang terkenal karena air sucinya.

Namun ada sebuah cerita yang mengiringi perjalanan Pura Tirta Empul. Konon katanya, pura ini adalah bangunan suci kuno yang mana menjadi tempat perseteruan antara seorang raja dengan para dewa. Mulanya disini berkuasa seorang raja bernama Mayadanawa yang sangat sakti, yang merupakan anak dari dewi Danu Batur. Raja Mayadanaa memiliki kemampuan untuk mengubah dirinya menjadi apapun yang dia inginkan. Dengan kesaktian itu pula dia berhasil menaklukan daerah-daerah lain.

Tapi lama-kelamaan raja Mayadanawa menjadi sombong. Dia memerintahkan rakyatnya untuk tidak lagi menyembah dewa, melainkan menyembah dirinya. Namun setelah itu kehidupan rakyatnya menjadi sensara.

Akhirnya seorang Mpu bernama Mpu Kul Puith meminta tolong kepada dewa, dan bantuan pun datang dari Dewa Bathara Indra bersama pasukan. Pertempuran pun terjadi dan dimenangkan oleh pasukan dewa Bathara Indra. Namun karena tidak mau mengakui kekalahannya, pada tengah malam raja Mayadanawa membuat mata air berancun di desa Tampaksiring, berdekatan dengan tempat peristirahat Dewa Bathara Indra dan pasukannya. Mengetahui kelicikan raja Mayadana, Dewa Bathara Indra kemudian membuat mata air suci lainnya yang sekarang dikenal dengan mata air Pura Tirta Empul.

Komplek Pura Tirta Empul terdiri dari 3 bagian ya guys. Yang pertama ada Nista Mandala atau bagian paling luar, setelah itu ada Madya Mandala yang merupakan bagian tengah, dan terakhir ada Utama Mandala yang merupakan bagian utama pura. Untuk kolam air suci sendiri berada di bagian tengah dari pura ini.

Di kolam tersebut terdapat sekitar 30 pancuran yang berbentuk seperti cangkang keong, masing-masing pancuran memiliki namanya tersendiri.

Pura ini terbuka untuk umum ya guys. Namun buat kamu yang ingin berkunjung harus menaati aturan yang ada, seperti menggunakan kamen atau semacam sarung khas adat Bali. Untuk tiket masuk, kamu dikenakan biaya Rp 15.000/orangnya. Sebenarnya lokasi Pura Tirta Empul tidak berjauhan dengan Istana Tampaksiring, jadi kamu bisa mengunjungi keduanya saat berkunjung kesini.

mobapp_frame
Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, dan Paket Wisata
Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini