Tugu Katulistiwa, Pontianak

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Lokasi Tugu Khatulistiwa berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu Khatulistiwa ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak.
Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung. Bangunan Tugu Khatulistiwa terdiri dari 4 buah tonggak kayu dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah.
Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan Tugu Khatulistiwa akan "menghilang" beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.
Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan.


maps not found.

Hotel di sekitar Tugu Katulistiwa, Pontianak

Grand Mahkota, Pontianak
bintang 4

2959 m

Peony Hotel, Pontianak
bintang 3

4522 m

Transera Hotel, Pontianak
bintang 3

4777 m

Kapuas Dharma, Pontianak
bintang 2

5738 m
Voucher Hotel Murah

Sitemap · Blog

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8072 709

Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

TripAdvisor
Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

back to top