Hotel di Bukittinggi

IDR 721.000/night

The Hills Bukit Tinggi

bintang 4
Superior  |  On Request  |  Bed and breakfast
Jl. Laras Dt Bandaro
Bukittinggi 26115

IDR 700.000/night

Grand Rocky

bintang 4
Deluxe  |  On Request  |  Bed and breakfast
Jl. Yos Sudarso No.29, Benteng Bukittinggi
Bukittinggi 26115

IDR 390.000/night

Hotel Royal Denai

bintang 3
Superior  |  On Request  |  Bed and breakfast
Jl. Dr. A. Rivai No. 26
Bukittinggi

IDR 550.000/night

Pusako Hotel

bintang 4
Standard  |  On Request  |  Bed and breakfast
Jl. Sukarno Hatta 7
Bukittinggi

Yang menarik dari Hotel di Bukittinggi

Bukittinggi,merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota yang sebelumnya disebut dengan Fort de Kock dan pernah juga dijuluki sebagai Parisj Van Sumatera dan pernah juga menjadi ibukota Negara Indonesia. Kota kelahiran salah satu Proklamator RI yaitu Bung Hatta dan disebut juga sebagai Kota Pustaka. Jam gadang yang merupakan symbol kota ini adalah sebuah landmark di ketinggian jantung kota dan Persis Seperti Big Ben. Bukittinggi juga terkenal sebagai kota wisata yang berhawa sejuk dan juga bersaudara dengan Saremban dari Negeri Sembilan di Malaysia. Salah satu sektor andalan bagi kota Bukittinggi sendiri yaitu kepariwisataan, cukup banyaknya objek wisata menarik di kota ini . menjadikan kota ini sendiri disebut sebagai kota wisata. Banyak juga hotel di Bukittinggi dan biro perjalanan, sedikitnya ada 15 biro perjalan dan 6 hotel dikota Bukittinggi. Lembah Ngarai Sianok, Taman Panorama yang terletak di dalam kota Bukittinggi merupakan salah satu objek wisata utama yang memungkinkan wisatawan untuk melihat keindahan pemandangan Ngarai Sianok.Hotel di daerah Bukittinggi mudah dijangkau dari sebagian besar tempat wisata dan alamat bisnis di Bukittinggi.Di seluruh penjuru Indonesia khususnya di kota-kota besar tidak lagi sulit mencari pilihan hotel berbintang. Tinggal anda yang menentukan hotel mana yang sesuai dengan keperluan anda, apakah untuk melakukan perjalanan bisnis, kepentingan korporat, liburan keluarga atau berbulan madu romantis. Fasilitas hotel-hotel berbintang Indonesia juga semakin ketat berkompetisi dalam mengakomodasi tiap kebutuhan dan keinginan kustomer. Dari fasilitas MICE, akses wi-fi, ball room. Juga mengunggulkan keunikan dan dan pesona tersendiri tanpa meninggalakan kecanggihan serta profesionalitas pelayanan yang berbungkus senyuman ramah.

Pesawat

Untuk transportasi pesawat terbang yaitu dengan menggunakan pesawat yang mendarat Bandara Internasional Minangkabau yang terletak di kota Padang, karena di Bukittinggi sendiri belum ada bandara.

Rute Domestik :
Citilink : Batam, Jakarta
Express Air : Bandung
Garuda Indonesia : Jakarta, Batam, Denpasar , Medan, Surabaya, Yogyakarta, Pekanbaru
Lion Air : Batam, Jakarta, Bandung, Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Pekanbaru
Sriwijaya : Jakarta , Medan
Mandala : Jakarta
Susi Air : Bengkulu, Lasondre, Muko-Muko, Padang Sidempuan.

Rute Internasional :
AirAsia : Kuala Lumpur
Garuda Indonesia : Jeddah

Kapal

Menuju ke Bikittinggi dengan menggunakan kapal bisa dengan menuju di pelabuhan telut bayur atau pelabuhan muara, kedua pelabuhan tersebut berada di padang, Pelabuhan Teluk Bayur melayani angkutan kapal-kapal besar antar provinsi dan antar pulau, baik dari dalam maupun luar negeri. Sedangkan Pelabuhan Muara khusus untuk kapal-kapal kecil maupun speed boat ke pulau-pulau kecil dekat Padang, seperti Pulau Sikuai, dll.

Rute Domestik :
Kapal Motor Umbu-umbu : Sipora, Sikakap, Siberut , Bungus, Sikakap, Tuapeijat, Mentawai, Siberut Selatan
KMP. Gambolo (ASDP) ( Telp. 0751-27153) : dari Maileppet, Sikabaluan
Sumber Rezeki (Swasta) ( Telp. 0751-23321 (08238600303177) : dari Tuapeijat, Muara, MV.
Mentawai Fast (082172219666) : Padang Tuapeijat, Mentawai

Rute Internasional :
Kapal Fery : dari Malaysia

Kereta Api Indonesia

Untuk jalur kereta api di Bukittinggi untuk saat ini off, dan tidak disarankan menggunakan jalur kereta api padang karena akan memakan banyak biaya untuk pengunjung, lebih baiknya pengunjung menggunakan transportasi bus dari pelabuhan atau AirPort menuju ke Bukittinggi, atau bisa juga dengan menggunakan jasa travel akan lebih terjamin dan tepat waktu.

Bus

Transportasi ke Bukittinggi maupun tempat lainnya di luar Padang dapat dilakukan dengan menggunakan bus umum dari area Basko Hotel atau Anda dapat bertanya ke penduduk sekitar mengenai tempat untuk mendapatkan bus yang menuju Bukittinggi karena tidak ada terminal bus tetap di Padang. Dibutuhkan waktu selama dua jam untuk mencapai Bukittinggi dengan tarif Rp. 20.000 (bus kecil). Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan minivan Tranex Mandiri (lihat gambar di sebelah kanan) yang biasanya melewati jalan utama di Padang yang mengarah ke Bukittinggi (tarif: Rp. 30.000).

Taksi

Di Bukittinggi, harga transportasi taksi tidak menggunakan argometer, seperti di Jakarta, tapi berdasarkan negosiasi antara penumpang dan pengemudi taksi.
Harga taksi di dalam kota Bukittinggi, satu kali jalan, sebesar Rp. 30.000
Bila perjalanan menuju luar kota Bukittinggi, tergantung desa/tujuan, misalnya ke Balingka, sebesar Rp. 150.000 (30 menit perjalanan).
Di Bukittinggi tidak ada taksi Blue Bird, tapi jika ingin menggunakan taksi Blue bird dari Padang ke Bukittinggi, bisa.

Angkot

Jenis kendaraan angkutan kota di Bukittinggi, kendaraan kecil (tidak bus), penumpang duduk berhadapan. Jumlah penumpang 10-12 orang dalam satu kendaraan.

  • Angkutan kota (angkot) No. 06…..Rp. 3.000
  • Angkutan kota (angkot) No. 14…..Rp. 3.000
  • Angkutan kota (angkot) No. 19…..Rp. 3.000
  • Angkutan kota (angkot) No. 15…..Rp. 3.000
  • Angkutan kota (angkot) No. 03 …..Rp. 3.000
  • Angkutan Mersi, dari pasar atas ke Aur Kuning………Rp. 3.000

Bandi

Bendi adalah kendaraan tradisional yang banyak digunakan pada masa lampau, dengan kuda sebagai penarik utamanya. Di jaman sekarang kendaraan serupa bisa ditemukan pada dokar atau delman yang biasa di gunakan di beberapa tempat di pulau Jawa.
Harga bendi berdasarkan jarak. Harga bendi berdasarkan negosiasi antara penumpang dan kusir bendi. Harga di dalam kota, terendah Rp. 20.000 - Rp. 50.000, (keliling kota).

Arts & Heritage

Jam Gadang adalah ikon Bukittinggi yang memiliki cerita dan keunikan karena usinya yang sudah sangat lama, jam gadang telah berdiri sejak 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Dan peletakan batu pertama dilakukan oleh putera pertama Rook Maker.

Benteng Ford de Cock, Benteng ini di bangun sejak tahun 1825 pada masa Baron hendrik, benteng ini terletak diatas bukit jirek ini dipakai tentara belanda sebagai kubu pertahanan ketika berperang melawang rakyat minangkabau.

Istana Bung Hatta terletak di pusat Kota Bukittinggi tepatnya di depan taman jam gadang. Gedung ini digunakan sebagai tempat pertemuan tingkat nasional dan seminar lokakarya bangunan ini berciri kolonial dengan kamar yang luas dan berjumlah 8 buah kamar, hanya saja sudah direnovasi dan sekarang adalah 12 buah kamar.

Lobang Jepang di dalam lubang ini dulunya adalah tempat persembunyian tentara Jepang sewaktu Perang dunia II , lubang ini bisa desebut juga dengan terowongan jepang. Terowongan ini di bangun pada tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.

Rumah Kelahiran Bung Hatta rumah ini merupakan duplikat dari bangunan lama yang sudah hancur. Bangunan ini dibangun tahun 1994, kerjasama Pemerintah Kota Bukittinggi dengan Universitas Bung Hatta Padang. Rumah ini merupakan tempat kelahiran Bung Hatta, salah satu proklamator RI, terdiri dari 2 lantai.

Wisata Alam

Air Terjun Lembah Anai jika berangkat dari Padang, sebelum sampai ke Bukittinggi Anda akan menemui salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat, yaitu air terjun Lembah Anai. Letaknya berada persis di pinggir jalan antara Padang dan Bukittinggi.
Air terjun ini merupakan bagian dari kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Cagar alamnya adalah kawasan hutan lindung dengan hutan tropis dan beraneka jenis flora dan fauna. Alam yang hijau, dan flora dan faunanya, menjadi daya tarik tersendiri dari Lembah Anai.

Lembah Harau ini terlatak dekat dengan kota Payahkumbuh, dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian lebih kurang 150 meter. Bentuk topografi dari Lembah Harau berbukit dan bergelombang, sangat menyenangkan saat berada di sekitaran Lembah Harau karena masih mempunyai udara yang bersih dan pengunjung dapat melihat keindahan alam.

Pantai Padang bagi warga kota Padang, pantai Padang sering juga di sebut dengan TAPLAU ( TAPI LAUIK ), Pantai padang adalah salah satu tujuan wisata kalau ke kota padang. Tapi kalau malam hari di sini sangat rame para muda mudi nongkrong sambil menikmati jagung bakar atau pisang bakar.

Puncak Lawang tidak tanggung-tanggung keindahan alam yang dimiliki oleh daerah di ujung perbukitan ini. Dari ketinggiannya menghadirkan pemandangan indah hijaunya perbukitan, dan birunya warna Danau Maninjau. Selain itu, udaranya yang sejuk tak kalah menyegarkan dengan objek wisata alam di daerah-daerah lain di Indonesia.

Shopping

Pasar Aur Kuning ini terletak cukup jauh dari pusat kota Bukittinggi, tapi dapat diakses dengan mempergunakan kendaraan umum. Walaupun kondisinya sebagai pasar tradisional pengunjung pasar ini tidak sedikit, Disarankan untuk tidak ke pasar ini pada hari pasar yaitu hari Rabu dan Sabtu karena keramaiannya yang akan luar biasa.

Plaza Bukittinggi adalah satu satunya Plaza atau Mall atau Pusat Perbelanjaan Modern yang ada di Bukittinggi. Pusat Perbelanjaan ini tidaklah terlalu besar, terdiri atas 3 lantai dimana lantai 2 dan lantai 3 diisi oleh Ramayana. Letaknya yang cukup strategis persis diseberang Jam Gadang juga menjadi salah satu faktor yang mendukung Pusat Perbelanjaan ini cukup ramai dikunjungi.

Banto Trade Center, sudah lama berdiri, tapi tidak banyak pedagang yang berjualan di mall tersebut. Banyak toko kosong. Dulu, lahan Banto Trade Center merupakan pasar tradisional. Pedagang yang berjualan di pasar banto lama, medapat jatah toko di mall tersebut. Salah satunya, saudara saya yang penjahit, tapi ia tidak menjahit di toko yang menjadi haknya, toko itu dibiarkan kosong, karena tidak ada orang yang datang. Sepi. Akhirnya dia membuka tempat jahitan di tempat lain, di pinggir jalan, yang lalu lintasnya ramai.

Oleh-oleh Bukittinggi

Kue Sangko (Oleh-oleh Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 20.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Kue Sapik Asadori (Oleh-oleh Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 20.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Kerupuk Sanjai Bulat Balado (Oleh-oleh Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 15.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Keripik Maco (oleh-oleh Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 15.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Pisang Sale (oleh-oleh Ananda )
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 15.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Gelamai Besar Azila (oleh-oleh Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 20.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Kacang Toujin Adek (Oleh-oleh Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 25.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Kerupuk Bawang Chilo (Oleh-oleh Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 20.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Sarang Balam (Oleh-oleh Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 20.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Kipang pulut hitam (Ole-oleh-Ananda)
Alamat : Kapas Panji no 69 Bukittinggi
Harga : Rp. 18.000
Telp: 0752 624118
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Masakan Khas Bukittinggi

Gajeboh (Pondok Baselo)
Alamat : Jl. Padang Luar, km 4, Bukittinggi.
Telp : (0752) 33346
Harga: Rp. 30.000,-/porsi
Jam Buka : 08.00 - 21.00

Sate Mak Syukur
Alamat : Jl. Sutan Syahrir, No. 250, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia
Telp : +6275282452
Harga : Rp. 27.000
Jam Buka : 09.00-21.00

Nasi kapau Uni Lis
Alamat : Pasar Wisata Lantai Dasar No. 29 Bukittinggi 26113
Telp : (62-752) 23389
Harga : Rp. 30.000
Jam Buka : 08.30 – 21.00

Ayam POP (RM Simpang Raya)
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 8, Bukittinggi, Agam, Sumatera Barat
Telp : 0752-22163
Harga : Rp. 16.000
Jam Buka : 09.00 – 21.00

Gulai kepala Kakap (RM Simpang Raya)
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 8, Bukittinggi, Agam, Sumatera Barat
Telp : 0752-22163
Harga : Rp. 70.000
Jam Buka : 09.00 – 21.00

Katupek Gulai Paku (RM Puncak Kiambang)
Alamat : Jalan Raya Padang -Bukittinggi kilometer 43
Telp : -
Harga : Rp. 7.000
Jam Buka : 09.00 – 22.00

Gulai Itik Lado Mudo  (Ngarai Sianok)
Alamat : Ngarai Sianok Bukittinggi
Telp : -
Harga : Rp. 100.000/Ekor, 22.000/potong
Jam Buka : 06.00 – 18.00

Kopi Kawa daun (RM Pondok Flora)
Alamat : Jl. Raya Batusangkar – sungai tarab
Telp : +62(752)57922
Harga : -
Jam Buka : 09.00 – 23.00

Restaurant

Simpang Raya
Alamat : Jl. Pasteur Bo.121A
Telp:
Menu Favourite: Gulai Kambing
Harga ; Rp. 25.000
Jam Buka : 09.00 – 21.00

Pondok Baselo
Alamat : Jl. Padang Luar ,km 4, Bukittinggi
Telp : (0752) 33346
Menu Favorite : Gurami asam manis
Harga : -
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Restoran Selera Nusantara Titoty
Alamat : Jl. A. Yani No. 85 Bukittinggi
Telp : (62-752) 624594
Menu favorite : Gulai Abuih
Harga : -
Jam Buka : 08.00 – 21.00

Rumah Makan family Benteng Indah
Alamat : Jl. Sultan Iskandar Muda No. 15 C – D Arteri Pondok Indah, Pondok Indah
Telp : (021) 29305120
Menu Favorite : Ayam POP, Ayam Rendang, Ayam Gulai
Harga : Rp. 30.000 – 50.000
Jam Buka : 10.00 – 22.00

Pondok Flora Restaurant
Alamat : Jalan Raya Batusangkar - Tabek Patah KM 5
Telp : (0752) 579222
Menu Favorite : Ikan Bakar Segar
Harga : -
Jam Buka : 09.00 – 21.00

Jam Gadang hal menarik di Padang ialah jembatan Siti Nurbaya karena di malam hari jembatan ini akan banyak pedagang serta lampunya berjajaran, selain itu di bawah jembatan Siti Nurbaya terdapat sungai dengan perahu yang berkelap-kelip. Tempat ini sangat cocok untuk nongkrong di malam hari.

Jam gadang Bukittinggi di tempat ini selalu ramai pengunjung, di malam hari cocok pula untuk tempat nongkrong, selain itu di tempat ini juga banyak pedagang yang menjual oleh-oleh khas Bukittingi.

Pasar Atas dan Pasar Bawah setelah puas berkeliling di Jam Gadang tidak jauh dari jam gadang tersapat tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi yaitu pasar Atas dan pasar Bawah, pasar ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu pasar Atas, pasar Lereng dan pasar Bawah. Disana menjual berbagai oleh-oleh khas baukittinggi.

Taman Ngarai Maaram taman ini yang terletak tepat dibelakang RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Tidak semua orang mengetahui keberadaan tempat ini. Taman ini diakibatkan dari kondisi runtuhnya permukaa tanah yang berasal dari ngarai.

Voucher Hotel Murah

Sitemap · Blog

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8072 709

Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

TripAdvisor
Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini
back to top