loading

Download GRATIS 1001malam - Aplikasi Booking Hotel, Tiket Pesawat, Dan Paket Wisata

Get It On Google Play

Dapatkan 1001malam App, aplikasi mobile terbaru untuk pesan hotel di seluruh dunia, dan paket wisata di seluruh wilayah Indonesia di Google Store! Info lebih lanjut untuk 1001malam app disini

Wisata di Balikpapan

Minyak bumi dan batu bara adalah komoditas global yang tak bisa lepas dari kota Balikpapan. Bahkan kota ini sendiri mendapatkan julukan sebagai kota minyak di Indonesia. Julukan ini bukan untuk merendahkan, tapi justru untuk menunjukkan betapa pentingnya posisi kota ini. Banyak pergolakan sejarah yang mewarnai perkembangan kota ini, dimana beberapa pergolakan tersebut didasari pada posisi strategis yang dimiliki oleh kota ini. Posisi kota Balikpapan dinilai strategis karena sumber daya minyak bumi yang berpotensi untuk di kelola.

Pengeboran minyak yang pertama kali dilakukan di Balikpapan dilakukan oleh perusahaan Mathilda pada tahun 1897, dan menurut cerita masyarakat semenjak tahun ini penginapan di Balikpapan sudah mulai bertumbuh sejalan dengan datangnya orang dari luar daerah.

Pada awalnya Balikpapan termasuk dalam daerah kekuasaan Kesultanan Kutai. Namun,seiring perkembangan dimana mulai berkuasaanya VOC hal ini mulai berubah. Seiring dengan jangkauan kekuasaan VOC telah mencapai ke daerah ini, pada tahun 1787 daerah ini masuk kedalam daerah yang diserahkan oleh Kesultanan Kutai kepada VOC.

Dari pelimpahan kekuasaan ini lah perlahan mulai berkembang pengeboran-pengeboran minyak yang berada dibawah pengawasan VOC. Hingga sampai saat ini kita masih dapat menemukan beberapa bekas atau bukti dari pengeboran minyak tersebut. Pergolakan perubahan kepemimpinan pun juga terjadi di daerah ini. Balikpapan menjadi titik awal yang harus d kuasai oleh Jepang pada saat itu. Hal ini dikarenakan untuk mendukung pasokan minyak bumi yang sangat dibutuhkan oleh pihak Jepang. Pada tahun 1942 pasukan Jepang untuk pertama kali datang ke daratan Balikpapan. Pada masa awal kemerdekaan, kota Balikpapan belum lepas dari penguasaan Belanda. Hal ini dikarenakan berita bahwa Indonesia telah merdeka dan lepas dari Jepang serta Sekutu mengalami keterlambatan. Sehingga pada tahun 1945-1946 masih terjadi perang dengan pihak Belanda.

Selain menyimpan banyak cerita sejarah yang mengiringi pembentukan kota ini, ternyata kota ini juga menyimpan potensi lain. Banyak potensi wisata alam yang tak boleh terlewatkan yang terdapat di kota ini. Nah, setelah tadi kita membahas serba sedikit tentang sejarah, sekarang kita akan sedikit menengok beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ada di Balikpapan. Tempat-tempat wisata di Balikpapan ini juga banyak mendorong hotel di Balikpapan bertumbuh dengan signifikan.

1. Pantai Melawai

Pantai ini merupakan sebuah pantai yang sangat khusus dan istimewa. Tidak seperti pantai-pantai lain yang terbentang dan dengan pasir-pasir putihnya. Justru pantai ini sendiri adalah pantai yng tidak terlalu panjang, serta tidak terlalu banyak memiliki bbibir pantai. Pada saat pasang air laut pantai ini sendiri tenggelam dan hilang. Nah,disinilah letak keindahan dari pantai ini sendiri, pada saat pasang naik dan terutama pada saam matahari tenggelam maka keindahan pantai ini akan nampak. Pantai ini sendiri seperti di khusus kan untuk mneikmati keindahan dari sunset. Selain itu tempat ini juga merupakan tempat favorit bagi anak-anak muda.

Selain menikmati keindahan sunset, tempat ini juga menawarkan keindahan dari makanan yng ditawarkan. Banyak lapak-lapak penjual makanan yang terdapat di tempat ini. Jadi kita bisa memanjakan mata menikmati keindahan sunset, sekaligus memanjakan perut menikmati makanan yang dijual di sekitar daerah tersebut.

2. Pantai Kemala

Seperti halnya pantai Melawai, pantai pun berada di pusat kota sehingga sering menjadi objek wisata utama. Wisatawan ini lebih banyak didominasi oleh penduduk lokal, namun tak jarang juga terdapat wistawan dari luar daerah yang sejenak datang untuk menikmati kendahan pantai ini. Seperti halnya pantai-pantai lain yang menawarkan keindahan sunset kepada para pengunjung. Hal tersebut juga ditawarkan oleh pantai kemala ini. Semakin banyaknya wisatawan yang datang ke kota ini maka pemerintah pun juga memberikan fasilitas yang dapat menunjang tempat wisata ini. Disini kita akan melihat beberapa fasilitas yang disediakan seperti toilet, tempat parkir, dan beberapa wahana wisata air. Ini lah yang menjadi pembeda antara pantai kemala dengan pantai melawai. Di pantai ini kita bisa puas menikmati bermain di pasir pantai yang putih dan bersih, serta dapat menikmati pula beberapa wahana air yang disediakan.

3. Tugu Australia

Tempat ini merupakan sebuah tugu peringatan terhadap pasukan dari Australia yang gugur ketika menyerang Jepang pada tahun 1945. Bangunan tugu ini tidak memiliki kekhususan, bahkan terkesan sederhana. Namun arti yang terkadung dalam pembangunan tugu ini sangat besar. Pembangunan tugu ini sendiri langsung ditangai sendiri oleh pemerintah Australia. Ada sebuah peringatan yang sering dilakukan di tugu ini, peringatan ini dilaksanakan setiap tanggal 25 April. Pada tanggal ini terdapt perwakilan dari berbagai pihak terutama perwakilan dari pihak Australia yng berkepentingan langsung terhadap acara ini. Tanggal tersebut sering disebut sebagai ANZAC Day.

Wisata di tugu ini kita sekaligus dapat belajar tentang sejarah. Banyak cerita yang bisa kita dapatkan dari tugu ini, meskipun cerita tersebut bercerita tentang peperangan antara sekutu dengan Jepang. Namun, setidaknya kita dapat melihat bagamana pentingnya kota Balikpapan untuk berbagai pihak.

4. Pantai Banua Patra

Satu lagi spot wisata pantai yang ada di Balikpapan, memang kota pesisir itu pasti banyak spot pantai yang unik-unik. Salah satunya ya pantai ini, pantai Banua Patra. Berbeda dengan pantai ang dibahas sebelumnya panta ini sendiri tidak memiliki fasilitas yang menunjang. Jarang bisa kita temukan penjaja makanan disini. Jadi, disarankan bagi yang mau datang berkunjung untuk membawa perbekalan sendiri. pantai ini sendiri sering disebut sebagai pantai batu, hal ini dikarenakan memang d daerah tersebut banyak ditemukan gugsan batu alam yang akhirnya membentuk sebuah pantai. Gugusan batu-batu inilah yang seakan membuat pantai ini memiliki pesonanya sendiri. pengunjung yang ingin masuk ke area pantai tidak dikenakan biaya sama sekali, karena memang tak ada tempat parkir atau sejenisnya.

Sunset tak lepas dari pantai, dan sunset disini termasuk salah satu sunset terbaik di Balikpapan. Karena letak pantai yang berda di paling barat, sehingga kita dapat menikmati sunset secara langsung tanpa ada penghalang. Namun, jika kita berkunjung tetap harus waspada, karena di tempat iini banyak gugusan batu yang dapat membahayakan diri kita sendiri apabila kita tidak hati-hati.

5. Pantai Monpera

Nama pantai ini sendiri tergolong unik dan mengandung arti yang cukup dalam. Kata Monpera yang tersemat pada nama pantai ini sendiri adalah sebuah singkatan dari Monumen Perjuangan Rakyat. Di pantai ini memang terdapat sebuah monumen yang menggambarkan bagaimana perjuangan rakyat Balikpapan pada masa pergolakan kemerdekaan.

Di tempat ini kita bisa sekaligus berwisata pada dua tempat, satu kita bisa menikmati wisata pantai dan yang kedua kita bisa berwisata di taman manumen tersebut. Kalo tadi di pantai banua patra kita harus membawa bekal sendiri maka di tempat yang satu ini kita tak perlu khawatir mengenai makanan. Ditempat ini banyak sekali ditemukan tempat yang menyediakan makanan, bahkan tak jauh dari tempat ini pun tersdapat rumah makan. Jadi soal perbekalan makanan aman lah.

Keindahan dari pantai dan kenyamanan dari taman yang sangat sesuai untuk liburan bersama terutama liburan bersama keluarga. Tak akan ada kata kecewa saat berkunjung ke pantai ini.

Kita sudah membahas beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dijadikan tujuan wisata saat datang ke kota ini. Tad kita juga sudah membahas soal tempat makanan yang bisa kita datangi. Jadi masih harus nunggu apa lagi ?.

Yuk berwisata ke Balikpapan !

maps not found.
mobapp_frame

Get It On Google Play

Kirim Link via Email
Voucher Hotel Murah
facebook twitter google-plus

Copyright © 2010
PT. Seribu Satu Solusi Tour & Travel
All rights reserved.

Book online or call: 031 8438 913

member idea
member geotrust
Suppliers, Affiliates, Media

Ratings & Reviews powered by

TripAdvisor
Exclusive Newsletter

Daftarkan email anda untuk promo hotel seNusantara.

waiting
Mohon menunggu, reservasi anda sedang kami proses, proses ini dapat berlangsung sampai dengan 2 menit, mohon jangan menutup window ini
back to top